BMKG: Enam kabupaten Sumsel waspadai hujan lebat disertai angin kencang

id hujan,bmkg,bmkg sumsel,cuaca,gelombang laut,hujan lebat,banjir

BMKG: Enam kabupaten Sumsel waspadai hujan lebat disertai angin kencang

Jembatan Ampera diselimuti awan di Palembang, Selasa sore (25/1/22). (ANTARA/Dolly Rosana)

Palembang (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan warga di enam kabupaten Sumatera Selatan untuk mewaspadai hujan lebat disertai petir dan angin kencang yang diperkirakan terjadi pada siang hingga sore hari, Rabu.

Rilis pers diterima ANTARA, enam kabupaten itu meliputi Ogan Komering Ulu (OKU), Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Muara Enim, Lahat, Empat Lawang dan Musi Rawas.

Pada pagi hari, cuaca diperkirakan berawan hingga berpotensi hujan di Musi Banyuasin dan Banyuasin.

Sedangkan pada siang hingga sore harinya, cuaca diperkirakan berawan, berpotensi hujan petir di wilayah OKU, OKU Selatan, Muara Enim, Lahat, Empat Lawang dan Musi Rawas. Sementara yang berpotensi hujan ringan di wilayah Ogan Komering Ilir (OKI), OKU Timur, Pagaralam, Musi Banyuasin, Banyuasin dan Palembang.

Pada malam hari, cuaca diperkirakan berawan hingga potensi hujan ringan di wilayah OKU, OKU Timur, Muara Enim, PALI, Prabumulih, Musi Rawas dan Musi Rawas Utara.

Sedangkan pada dini hari, cuaca diperkirakan cerah berawan dan berpotensi kabut di wilayah Lahat, Pagaralam dan Lubuklinggau.

Suhu udara di wilayah Sumsel dataran rendah sekitar Palembang, Banyuasin, Musi Banyuasin, Ogan Ilir dan OKI berkisar 24 – 33 °C dengan kelembapan udara 60 persen - 96 persen.

Suhu udara di wilayah Sumsel dataran tinggi sekitar Pagar Alam, Empat Lawang, Lubuk Linggau, Lahat dan OKU Selatan berkisar 18 – 31 °C dengan Kelembapan Udara 65 persen - 100 persen.

Angin bergerak dari Barat – Utara dengan kecepatan 05 - 25 km/jam.

Tinggi gelombang laut di Selat Gelasa, Selat Bangka bagian Utara dan Selat Bangka bagian Selatan berkisar 0,5 meter – 1,25 meter, cuaca diperkirakan berawan, arah angin dari Barat – Utara dengan kecepatan 08 – 36 km/jam.