Vaksinasi anak di OKU Timur capai 85 persen

id Vaksinasi anak, anak usia 6-11 tahun, siswa sekolah dasar, tertinggi di Sumsel, Bupati OKU Timur

Vaksinasi anak di OKU Timur capai 85 persen

Seorang siswa sekolah dasar di OKU Raya divaksin COVID-19 tahap pertama, Sabtu. (ANTARA/Edo Purmana/22)

Martapura, Sumsel (ANTARA) - Realisasi vaksinasi anak usia 6-11 tahun di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatera Selatan, hingga saat ini mencapai 85 persen atau 56.360 dari 66.307 anak sudah mendapat vaksin COVID-19 tahap pertama.

Bupati OKU Timur, Lanosin Hamzah di Martapura, Sabtu mengatakan, capaian tersebut membuat Kabupaten OKU Timur menempati peringkat pertama tertinggi capaian program vaksinasi untuk anak usia tersebut di Sumatera Selatan.

Sejauh ini OKU Timur menempati urutan pertama capaian vaksinasi anak mencapai 85 persen dilanjutkan peringkat kedua Kota Prabumulih dengan realisasi 71,7 persen, Empat Lawang 67,1 persen dan Pagaralam 57,8 persen.

"Capaian ini menunjukkan partisipasi masyarakat OKU Timur untuk divaksin sangat tinggi. Hingga saat ini tinggal sedikit lagi warga yang belum disuntik vaksin," kata dia.

Menurut dia, ribuan warga yang belum divaksin tersebut karena beberapa alasan, salah satunya anak sedang sakit sehingga sementara waktu tidak disarankan untuk disuntik vaksin hingga proses penyembuhan.

Untuk mengejar vaksin dosis ke dua, pemerintah daerah setempat melalui Dinas Kesehatan OKU Timur akan melakukan grebek vaksin di tempat-tempat yang masih rendah cakupannya.

Pihaknya juga mengoptimalkan seluruh fasilitas vaksinasi dan menyiagakan ratusan tenaga vaksinator di setiap sekolah agar program tersebut berjalan maksimal.

"Dengan begitu ditargetkan seluruh anak di OKU Timur mendapat vaksin lengkap hingga akhir Februari 2022," ujar dia.