Kemenag OKU siapkan pembinaan calon jamaah haji dalam masa tunggu

id Pembinaan jemaah haji, daftar tunggu, JCH OKU, Kemenag OKU

Kemenag OKU siapkan pembinaan calon jamaah haji  dalam masa tunggu

Kasi Haji dan Umrah Kemenag Ogan Komering Ulu (OKU), Abdul Muis. (ANTARA/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan menyiapkan pembinaan bagi calon jamaah haji dalam masa tunggu sebelum keberangkatan ke Tanah Suci Mekkah.

Kasi Haji dan Umrah Kemenag Ogan Komering Ulu (OKU) Abdul Muis di Baturaja, Kamis, mengatakan daftar tunggu calon jamaah haji Indonesia termasuk di OKU sampai hari ini rata-rata 25-30 tahun sehingga harus disiapkan pembinaan untuk memberikan layanan terbaik bagi mereka.

"Pembinaan tidak hanya diberikan kepada JCH (Jamaah Calon Haji) yang akan berangkat tahun ini namun juga untuk daftar tunggu hingga 30 tahun yang akan datang," katanya.

Kemenag akan merancang program-program pembinaan seperti kumpul-kumpul membahas sesi tentang perhajian, masalah-masalah keislaman, dan manasik haji.

Pihaknya akan menyiapkan konsep cara menyapanya baik secara daring maupun luring mengingat saat ini masih dalam kondisi pandemi.

"Sebenarnya ide ini adalah wacana dari Kemenag RI. Oleh sebab itu kami masih menunggu instruksi dari pemerintah pusat untuk melaksanakan hal tersebut," ujarnya.

Hal yang pastinya, lanjut dia, saat ini pihaknya akan melaksanakan pembinaan manasik haji untuk 297 JCH asal OKU yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci Mekkah tahun ini.

"Setelah sekian lama tidak dilaksanakan karena pandemi, kini mulai Januari manasik haji mulai digelar lagi bagi JCH OKU setiap sepekan di hari Rabu," ujarnya.