Wawako Palembang tebar 2.500 benih ikan di Sungai Musi

id Wawako Palembang tebar ribuan benih ikan di Sungai Musi, tebar benih ikan, benih ikan, lestarikan sungai musi, jaga kon

Wawako Palembang tebar 2.500 benih ikan di Sungai Musi

Wawako Palembang Fitrianti Agustinda menebar benih ikan di Sungai Musi, Kamis (20/1/2022) ANTARA/Yudi Abdullah

Palembang (ANTARA) - Wakil Wali Kota Palembang, Sumatera Selatan, Fitrianti Agustinda menebar 2.500 benih ikan patin di Sungai Musi sebagai salah satu upaya menjaga ekosistem, pelestarian dan meningkatkan produksi perikanan.

Kegiatan penebaran benih ikan itu dilakukan Fitrianti bersama sejumlah pejabat dan tokoh pemuda di Sungai Musi Palembang, Kamis, dengan menggunakan armada bus air.

Menurut Wawako, pihaknya terus berupaya melakukan kegiatan penebaran benih ikan di Sungai Musi untuk menjaga ketersediaan ikan di perairan tersebut.

Kegiatan penebaran benih ikan terutama yang jenisnya tergolong langka pada 2022 ini diupayakan lebih gencar lagi sebagai upaya pencegahan dari kepunahan dan meningkatkan produksi ikan untuk memenuhi kebutuhan warga kota setempat.

Dengan kegiatan penebaran benih ikan itu diharapkan beberapa jenis ikan di provinsi ini yang terancam punah bisa terus ada dan berkembang secara alami.

Selain sebagai upaya pelestarian sejumlah jenis ikan yang mulai jarang atau sulit ditemukan seperti ikan belida dan jelawat, kegiatan penebaran benih (restocking) dilakukan juga untuk merehabilitasi lingkungan perairan umum.

Benih ikan yang ditebar tersebut diharapkan bisa tumbuh dan berkembang dengan baik sesuai dengan harapan bersama sehingga warga kota ini bisa terus mengonsumsi ikan terutama beberapa jenis yang mulai jarang ditemukan di pasaran.

Untuk menjaga Sungai Musi dan berbagai jenis ikannya tetap lestari diimbau kepada seluruh warga untuk menjaga kebersihan sungai dan tidak menangkap ikan dengan cara melanggar hukum seperti menabur racun dan menggunakan tegangan listrik/menyetrum, ujar Wawako Fitrianti.