Kemenkumham Sumsel targetkan seluruh satker wujudkan bebas korupsi

id Kanwil Kemenkumham Sumsel targetkan seluruh satker wujudkan bebas korupsi, wbk, wbbm, targetkan seluruh satker raih predikat wbk dan wbbm, wilayah beb

Kemenkumham Sumsel targetkan seluruh satker wujudkan bebas korupsi

Kakanwil Kemenkumham Sumsel Indro Purwoko memimpin deklarasi janji kinerja dan pencanangan zona integritas di Palembang, Rabu (19/1). (ANTARA/Yudi Abdullah/22)

Palembang (ANTARA) - Pejabat Kanwil Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sumatera Selatan menargetkan pada 2022 seluruh satuan kerja atau unit pelaksana teknis (UPT) di jajarannya mewujudkan capaian predikat wilayah bersih dari praktik korupsi dan wilayah birokrasi bersih melayani.

"Sekarang ini baru empat dari 29 satuan kerja dan UPT yang meraih predikat wilayah bersih dari praktik korupsi (WBK) dan satu  satuan kerja meraih predika wilayah birokrasi bersih melayani (WBBM) dari Menpan RB. Untuk itu pada tahun ini akan mendorong semuanya meraih predikat tersebut," kata Kakanwil Kemenkumham Sumsel Indro Purwoko seusai acara deklarasi janji kinerja dan pencanangan zona integritas di Palembang, Rabu.

Untuk mewujudkan capaian predikat WBK dan WBBM, pada awal tahun ini dilakukan  kegiatan deklarasi tersebut sebagai langkah awal komitmen pelayanan jajaran  Kemenkumham Sumsel yang semakin Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan, dan Inovatif (PASTI).

Selain untuk meningkatkan pelaksanaan kinerja yang semakin  PASTI juga  berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmoni, loyal, adaptif, dan kolaboratif (BerAKHLAK), katanya.

Menurut dia,  melalui deklarasi janji kinerja ini, diharapkan seluruh ASN Kemenkumham menjadi insan pengayoman yang semakin baik dari waktu ke waktu. 

Momentum hari ini sejatinya dimaknai oleh seluruh jajaran Kemenkumham untuk senantiasa berjanji dengan sepenuh hati memberikan yang terbaik untuk bangsa dan negara.

Janji kinerja yang telah diucapkan bersama adalah komitmen yang bukan hanya ucapan dan pemenuhan untuk kontestasi semata, tetapi harus diimplementasikan untuk berkinerja lebih baik dan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

“Saya berharap, pada tahun 2022 ini jumlah satuan kerja yang mendapatkan predikat WBK/WBBM mengalami kenaikan, dengan demikian kita mampu membuktikan kepada publik bahwa jajaran Kemenkumham Sumsel mampu memberikan bukti nyata dalam memberikan pelayanan masyarakat yang unggul,” ujar Kakanwil Indro Purwoko.

Deklarasi janji kinerja yang dirangkaikan dengan penandatanganan perjanjian kinerja dan penandatanganan komitmen pelaksanaan pembangunan zona integritas 2022 ini dihadiri oleh seluruh pimpinan tinggi pratama, pejabat administrator, serta kepala unit pelaksana teknis (UPT) di lingkungan Kanwil Kemenkumham Sumsel. 

Turut hadir pula menyaksikan acara tersebut Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumsel M.Adrian Agustiansyah dan Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Sumsel Muhammad Naim.

Prosesi penandatanganan dokumen komitmen bersama janji kinerja, komitmen bersama pencanangan pembangunan zona integritas menuju wilayah bersih dari praktik korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih melayani (WBBM) serta pakta integritas dilakukan oleh seluruh pejabat yang hadir. 

Teks deklarasi janji kinerja juga dibacakan dengan seksama oleh Kakanwil Kemenkumham Sumsel Indro Purwoko bersama jajaran, yang berisi tentang imbauan menjaga kesehatan agar tetap berkinerja secara produktif, melaksanakan perjanjian kinerja, serta menyiapkan langkah antisipasi dan mitigasi sedini mungkin untuk meminimalisasi risiko.

Pada akhir kegiatan, dilakukan penyematan pin WBK secara simbolis sebagai bentuk komitmen Kanwil Kemenkumham Sumsel sebagai satker berpredikat WBK dan semangat untuk meraih predikat WBBM pada tahun 2022.

Penampilan Tari Kreasi Nusantara oleh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Perempuan Kelas IIA Palembang, serta penampilan jingle WBK/WBBM yang bertajuk “Tancap Gas” oleh Tim Kerja Pembangunan Zona Integritaa Kanwil Kemenkumham Sumsel turut memeriahkan rangkaian kegitan itu.