Pemkot Palembang-BPOM sepakat tingkatkan pengawasan obat dan makanan

id bpom, tingkatkan pengawasan obat, oengawasan makan,berita sumsel, berita palembang, antara palembang

Pemkot Palembang-BPOM  sepakat tingkatkan pengawasan obat dan makanan

Pengawasan apotek. ANTARA/Yudi Abdullah/22

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan bersama BPOM setempat berupaya meningkatkan pengawasan obat dan makanan yang beredar di pasaran untuk memastikan aman dikonsumsi masyarakat.

Kegiatan pengawasan yang berjalan dengan baik selama ini diupayakan lebih gencar sehingga tidak ada sedikitpun celah pedagang menjual makanan mengandung bahan kimia berbahaya serta obat-obatan atau suplemen yang kedaluwarsa dan tanpa izin edar, kata Wakil Wali Kota Fitrianti Agustinda di Palembang, Selasa.

Untuk melalukan pengawasan tersebut, pihaknya bersama petugas BPOM secara mendadak turun ke pasar tradisional, pasar swalayan, dan apotek.

"Pengawasan atau inspeksi mendadak dilakukan untuk memastikan produk pangan, obat-obatan dan suplemen kesehatan yang beredar di pasar aman atau layak dikonsumsi masyarakat," ujarnya.

Dia menjelaskan, dengan gencarnya inspeksi mendadak (sidak) tim Pemkot bersama BPOM Palembang, sekarang ini tidak ditemukan lagi makanan dan obat-obatan yang mengandung bahan kimia berbahaya seperti formalin, boraks, dan pewarna tekstil, serta tidak memiliki izin edar dan kedaluwarsa.

Hasil sidak tersebut sesuai harapan dan membuktikan pedagang di pasar tradisional, pasar swalayan, pengelola toko obat dan apotek mematuhi larangan menjual produk yang mengandung bahan kimia berbahaya, tanpa izin edar, dan kedaluwarsa.

Kondisi tersebut perlu dipertahankan, karena kebutuhan pangan dan obat-obatan merupakan bagian terpenting dari kehidupan masyarakat sehari-hari sehingga perlu dipastikan terbebas dari kandungan bahan kimia berbahaya bagi kesehatan, ujar Wawako.

Sementara sebelumnya Kepala Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Palembang Zulkifli mengatakan sebagai pejabat baru, dia berupaya melanjutkan kerja sama yang telah terjalin baik selama ini dengan jajaran Pemkot setempat.

"Tim kami siap bersama-sama petugas dari Pemkot Palembang melakukan pengawasan produk makanan dan obat-obatan yang beredar di pasaran untuk memastikan aman dari zat-zat berbahaya," ujar Zulkipli.