Kabupaten OKU targetkan 250 ribu warga divaksin penguat

id Vaksin booster, 250 ribu warga OKU, vaksinasi lanjutan, COVID-19, Dinas Kesehatan OKU

Kabupaten OKU targetkan 250 ribu warga divaksin penguat

Pelaksana Tugas Kepala Dinkes Ogan Komering Ulu Andi Prapto. (ANTARA/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan menargetkan 250 ribu warga di wilayah itu divaksin penguat mulai pertengahan Februari 2022.

"Target kami pada 12 Februari 2022 sebanyak 250 ribu warga OKU mulai divaksin 'booster' (penguat)," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinkes Ogan Komering Ulu (OKU) Andi Prapto di Baturaja, Jumat.

Dia menjelaskan vaksinasi penguat merupakan vaksinasi lanjutan yang harus diberikan kepada masyarakat agar lebih memperkuat imun tubuh mereka dari penularan COVID-19.

Vaksinasi itu menyasar masyarakat usia 18 tahun ke atas dan lansia dengan syarat sudah divaksin lengkap, atau dosis satu dan dua sebelumnya.

"Jaraknya pun harus sudah enam bulan setelah vaksin kedua," kata dia.

Vaksinasi penguat, katanya, mesti dilakukan mengingat saat ini adanya penularan varian virus corona di Indonesia yang bertambah.

“Jadi warga OKU yang sudah divaksin tahap pertama dan kedua mesti melakukan vaksin 'booster' supaya kekebalan tubuhnya semakin bagus,” katanya.

Untuk dosis vaksin penguat yang akan diberikan kepada warga, Andi menegaskan hanya setengah dari sebelumnya mengingat jenis vaksin ini lebih kuat dibandingkan dengan vaksin pertama dan kedua.

"Namun warga tidak perlu khawatir sebab yang menyuntik vaksin adalah tenaga ahli yang bekerja dengan standar dari Kemenkes RI," kata dia.

Ia menambahkan saat ini lebih dari 200 ribu warga OKU sudah divaksin tahap satu dan dua.