Gempa Banten sebabkan kerusakan bangunan di TN Ujung Kulon

id gempa banten,ujung kulon

Gempa Banten sebabkan kerusakan bangunan di TN Ujung Kulon

Kerusakan atap dan genting aula pusat ECO edutourism pascagempa di Kampung Legon Pakis, Desa Ujung Jaya, Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten, Jumat (14/1/2021) (ANTARA/HO-TN Ujung Kulon)

Jakarta (ANTARA) - Gempa yang mengguncang wilayah Banten, Jumat, sekitar pukul 16.05 WIB, mengakibatkan sejumlah bangunan di Taman Nasional Ujung Kulon mengalami kerusakan, kata Kepala Sub Bagian Tata Usaha (KSBTU) Balai TN Ujung Kulon Dudi Mulyadi.

"Berdasarkan informasi lapangan bahwa dampak gempa berkekuatan 6,7 SR (Skala Richter) telah menyebabkan banyak sekali bangunan yang rusak dan hancur terutama atap genting dan tembok retak-retak dan roboh," ujar dia ketika membalas pertanyaan ANTARA via aplikasi pesan dari Jakarta, Jumat malam.

Ia menyebut beberapa bangunan yang rusak itu.

"Saat ini terkonfirmasi beberapa bangunan pusat ECO edu tourism terkondisikan rusak berat di mana atap genting berjatuhan dan plafon hancur. Begitu pula kantor seksi PTNW II atap gentingnya berjatuhan," katanya.

Baca juga: Pandeglang tetapkan status tanggap darurat bencana gempa
Saat ini petugas di Pulau Panaitan, Pulau Peucang, dan Cibunar di Semenanjung Ujung Kulon telah terhubung via telepon dan aplikasi pesan serta berada dalam kondisi baik.

Balai TN Ujung Kulon telah mengimbau para petugas untuk terus waspada akan potensi gempa susulan.

Selain itu, petugas yang berada di Pulau Panaitan dan Peucang pada Sabtu (15/1) akan dievakuasi sambil pergantian sif kerja untuk 15-30 Januari 2022.

Gempa magnitudo 6,6 mengguncang wilayah Banten pada Jumat, sekitar pukul 16.05 WIB. Episentrum gempa berada 132 kilometer barat daya Kota Pandeglang, Kabupaten Pandeglang, Banten di kedalaman 40 kilometer.

Gempa tersebut merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi. Analisis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperlihatkan bahwa gempa itu memiliki mekanisme pergerakan naik atau thrust fault.

BMKG juga melaporkan telah terjadi lima gempa bumi susulan usai gempa pertama.
Baca juga: Banten diguncang gempa berkekuatan M 6,7