BMKG ingatkan warga waspada karena sebagian wilayah Sumsel bakal hujan petir

id BMKG,BMKG palembang,cuaca,iklim,cuaca ekstrem,hujan,hujan lebat

BMKG ingatkan warga waspada karena sebagian wilayah Sumsel bakal hujan petir

Pengendara melintas di Jembatan Musi IV dengan latar belakang awan hitam yang menyelimuti langit Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (21/1/2020). (ANTARA/Nova Wahyudi)

Palembang (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika mengeluarkan peringatan dini mengenai ancaman bencana dari hujan disertai petir yang terjadi di sebagian wilayah Provinsi Sumatera Selatan, Jumat.

Rilis pers diterima Antara, warga diminta waspada mengenai adanya potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berdurasi singkat pada siang – malam hari.

Wilayahnya meliputi Ogan Komering Ulu (OKU), OKU Timur, OKU Selatan, Lahat, Muara Enim, Ogan Komering Ilir (OKI), Banyuasin, Musi Banyuasin, Ogan Ilir, Palembang dan Empat Lawang.

Sementara untuk pagi hari, cuaca cerah, berawan berpotensi hujan ringan terjadi di wilayah Musi Rawas, Banyuasin dan Musi Banyuasin.

Pada siang hingga sore hari, cuaca diperkirakan berawan hingga potensi hujan petir di wilayah Lahat, Pagar Alam, Empat Lawang, Muara Enim, Ogan Komering Ilir, OKU, OKU Timur dan OKU Selatan. Sedangkan potensi hujan ringan terjadi di wilayah Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Prabumulih dan Lubuk Linggau.

Pada malam hari, cuaca diperkirakan berawan hingga berpotensi hujan petir di wilayah OKI, Lahat, OKU Timur, Banyuasin, Musi Banyuasin, Muara Enim, Palembang dan Ogan Ilir; potensi hujan ringan di wilayah OKU, OKU Selatan, Musi Rawas, Empat Lawang dan Prabumulih.

Sedangkan pada dini hari mengalami cuaca cerah berawan dan udara kabur/ berkabut hingga berpotensi hujan ringan diperkirakan terjadi di wilayah Banyuasin, Musi Banyuasin, Musi Rawas dan OKI.

Suhu udara di wilayah Sumsel dataran rendah sekitar Palembang, Banyuasin, Musi Banyuasin, Ogan Ilir dan OKI diperkirakan 24 – 32 °C, kelembapan udara 65 % - 97 %.

Suhu udara Wilayah Sumsel dataran tinggi sekitar Pagar Alam, Empat Lawang, Lubuk Linggau, Lahat dan OKU Selatan diperkiran 21 – 31 °C, kelembapan udara 70% - 100%.

Angin bergerak dari Barat – Utara dengan kecepatan 05 - 25 km/jam.

Tinggi gelombang laut di Selat Gelasa, Selat Bangka bagian Utara dan Selat Bangka bagian Selatan: 0.5 – 1.25 m, cuaca mengalami hujan ringan dengan arah angin: Barat – Utara dengan kecepatan 4 – 28 km/jam.