Palembang siagakan satgas banjir hadapi peningkatan curah hujan

id cegah banjir, satgas banjir,berita sumsel, berita palembang, antara palembang

Palembang siagakan satgas banjir hadapi  peningkatan curah hujan

Kondisi jalan protokol di Palembang tergenang air ketika turun hujan lebat lebih dari dua jam. (ANTARA/Yudi Abdullah/22)

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan, menyiagakan satuan tugas banjir untuk menghadapi peningkatan curah hujan pada awal Januari 2022 yang berpotensi menimbulkan genangan air di sejumlah kawasan pemukiman dan jalan protokol.

"Satgas yang beranggotakan gabungan organisasi perangkat daerah (OPD) diharapkan bergerak cepat mengatasi genangan air di sejumlah lokasi yang telah dipetakan dan membantu masyarakat jika terjadi bencana dampak musim hujan itu," kata Sekda Palembang Ratu Dewa di Palembang, Kamis.

Menurut dia, satgas banjir tersebut sekarang ini siaga 24 jam yang sewaktu-waktu siap ditugaskan turun ke kawasan permukiman penduduk atau ke lokasi banjir membantu masyarakat dan mengatasi penyebab terjadinya banjir atau genangan air hujan.

Keberadaan satgas tersebut diharapkan dapat meringankan beban masyarakat serta mencegah timbulnya korban jiwa dan harta benda dalam jumlah besar, katanya.

Dia menjelaskan, menghadapi situasi tersebut, satgas diinstruksikan melakukan pengawasan intensif sejumlah kawasan rawan banjir dengan mengecek permukaan air di beberapa saluran air ketika turun hujan lebat untuk menentukan langkah-langkah penanggulangannya.

Pihaknya juga berupaya menggalakkan gotong royong warga kota ini untuk membersihkan saluran air, sungai dan anak Sungai Musi dari sampah dan benda lainnya.

Kegiatan gotong royong pejabat dan pegawai pemkot bersama masyarakat yang telah berjalan dengan baik selama ini diupayakan pada musim hujan sekarang ini lebih digalakkan lagi.

Tingginya intensitas curah hujan beberapa hari terakhir ini perlu juga diwaspadai oleh warga Kota Palembang yang berada di kawasan tergolong rawan banjir dengan melakukan berbagai tindakan antisipasi, ujar Sekda.