3.600 KPM di Kabupaten OKU terima Kartu Keluarga Sejahtera

id Pendistribusian kartu, Kartu KeluargaSejahtera, Keluarga Penerima Manfaat, Dinas Sosial, Bank Mandiri

3.600 KPM di Kabupaten OKU terima Kartu  Keluarga Sejahtera

Arsip - Seorang warga menunjukkan Kartu Keluarga Sejahtera. (ANTARA FOTO/M. Ali Wafa/21)

Baturaja (ANTARA) - Sebanyak 3.600 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan menerima Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) untuk sarana menerima bantuan sosial dari pemerintah pusat.

"Ada 3.600 keping KKS yang mulai kami distribusikan hari ini," kata Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Miskin Dinas Sosial Ogan Komering Ulu (OKU) M. Kholik di Baturaja, Kamis (30/12).

Ribuan keping KKS tersebut dibagikan kepada seluruh masyarakat miskin yang terdaftar sebagai penerima bantuan sosial dari pemerintah pusat di 13 kecamatan di Kabupaten OKU.

Dia mengatakan penyaluran kartu ini yang kedua kalinya pada tahun ini setelah sebelumnya pada November 2021 sebanyak 7.000 KKS disalurkan kepada penerima bantuan.

"Jadi total KKS yang didistribusikan tahun ini berjumlah 10.600 keping. Target kami pembagian kartu rampung sebelum tahun baru 2022," katanya.

Untuk mempercepat pendistribusian KKS, pihaknya menyiapkan empat tempat, seperti Kantor Dinas Sosial OKU dan tiga kecamatan lainnya, meliputi Pengandonan, Lubuk Raja, serta Peninjauan.

"Jadi selain di Dinas Sosial, KKS juga dapat diambil langsung oleh masyarakat di setiap kantor kecamatan itu," katanya.

Dia menjelaskan KKS adalah program pemerintah pusat dalam menyalurkan bantuan sosial kepada masyarakat miskin guna meringankan kebutuhan sehari-hari.

Program ini diberikan kepada penerima manfaat untuk mengakses bahan pangan melalui Kartu Keluarga Sejahtera sebagai instrumen pembayaran yang memiliki fitur tabungan atau uang elektronik yang dapat digunakan sebagai media penyaluran bantuan sosial.

"Besaran bantuan yang diterima setiap KPM yaitu Rp200.000 per bulan dan saat ini bansos sudah mulai disalurkan kepada pemegang kartu tersebut," katanya.

Masyarakat pemegang kartu ini dapat mencairkan dana bantuan dalam bentuk sembako sesuai kebutuhan di e-Warong yang telah ditunjuk oleh pihak Bank Mandiri dengan syarat membawa kartu tersebut.