Pertamina siagakan 81 SPBU di Sumbagsel saat momen Natal dan Tahun Baru

id pertamina,spbu,stok bbm hadapi natal,pertamina sumbagsel

Pertamina siagakan 81 SPBU di Sumbagsel saat momen Natal dan Tahun Baru

Area Manager Communication, Relation & CSR PT Pertamina Patra Niaga Umar Ibnu Hasan di SPBU KM87b Lampung, Kamis (23/12/21). (ANTARA/Dolly Rosana/21)

Dari total 500 SPBU di wilayah Sumbagsel, kami siagakan 81 SPBU yang termasuk di dalamnya seluruh SPBU yang ada di Tol Palembang-Lampung
Lampung (ANTARA) - PT Pertamina Patra Niaga menyiagakan 81 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di wilayah Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) saat momen Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

Area Manager Communication, Relation & CSR PT Pertamina Patra Niaga Umar Ibnu Hasan di Lampung, Kamis, mengatakan, belasan SPBU itu disiagakan selama 24 jam untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang diperkirakan meningkat selama periode tersebut.

“Dari total 500 SPBU di wilayah Sumbagsel, kami siagakan 81 SPBU yang termasuk di dalamnya seluruh SPBU yang ada di Tol Palembang-Lampung,” kata Umar yang diwawancarai di SPBU KM87b Lampung.

Selain menyiagakan belasan SPBU itu, Pertamina juga menyiapkan 16 SPBU ‘kantong’ yang dapat mendukung kebutuhan SPBU terdekat jika terjadi kehabisan stok.

Selain itu demi terjaminnya kebutuhan konsumen, Pertamina juga menyediakan layanan ‘motoris’ di 19 titik untuk membantu warga yang mengalami kehabisan BBM saat dalam perjalanan.

Petugas akan menuju lokasi tersebut sesaat setelah warga meminta bantuan dengan menghubungi Call Center Pertamina 135, kata dia.

Dalam momen Natal dan Tahun Baru ini, Pertamina juga memiliki program layanan antigen gratis yang diberikan ke pelanggan yang menggunakan aplikasi MyPertamina saat pembelian produk Pertamax Turbo/Pertamina Dex. Untuk mobil minimal 20 liter dan kendaraan roda dua minimal 3 liter.

Pertamina menjalankan program ini untuk mencegah penyebaran COVID-19 dengan mengoptimalkan layanan transaksi nontunai atau cashless.

Layanan antigen gratis ini diberikan khusus di tiga SPBU Tol Palembang-Lampung yakni di KM87b, KM49a dan KM20a.

Umar menambahkan demi memastikan kelancaran penyaluran BBM dan LPG ini, Pertamina Patra Niaga telah membentuk satuan tugas.

Tim satuan tugas (Satgas) pengendalian dan pemantauan kelancaran penyaluran BBM dan LPG menjelang Natal dan Tahun Baru ini sudah bekerja sejak petengahan Desember 2021 hingga 10 Januari 2022.

Tim Satgas Nataru sudah melakukan perhitungan perkiraan kebutuhan energi selama Natal dan tahun baru.

Untuk jenis bahan bakar Gasoline diprediksi ada peningkatan sebesar 1 persen menjadi 8.615 KL per hari, Gasoil naik sebesar 7,5 persen menjadi sebesar 5.758 KL per hari sedangkan LPG naikhampir 1 persen dari bulan sebelumnya atau naik 2.068 MT per hari dibandingkan dengan realisasi bulan sebelumnya, untuk Avtur ada kenaikan juga sebesar 9,4 persen atau menjadi 74 KL per hari dibanding bulan sebelumnya.

"Untuk menghadapi lonjakan permintaan BBM dan LPG selama Natal dan Tahun Baru ini, jika diperlukan penyaluran BBM maupun LPG akan ditambah sesuai dengan kebutuhan,” kata Umar.