Festival Literasi Digital Kominfo diikuti ribuan peserta

id Festival Literasi Digital,berita sumsel, berita palembang, antara palembang,Acara Netizen Fair

Festival Literasi Digital Kominfo diikuti ribuan peserta

Aktivis Mafindo (Masyarakat Anti Fitnah Indonesia) menjelaskan tentang hoax kepada sejumlah pelajar di stan Kominfo. (ANTARA FOTO/ANIS EFIZUDIN)

Jakarta (ANTARA) - Literasi Digital Netizen Fair yang diadakan Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama seluruh mitra dan jejaring Siberkreasi di Bali pada 18 – 19 Desember 2021 telah menyedot antusiasme ribuan peserta, baik daring maupun luring.

Acara Netizen Fair tahun ini diadakan secara hibrida, campuran pertemuan tatap muka dan virtual. Data Kominfo menunjukkan acara tersebut diikuti 1.000 peserta yang datang langsung pada hari pertama. Peserta yang hadir secara virtual lebih banyak, yakni 40.643 orang.

"Melalui Literasi Digital Netizen Fair 2021 ini, tentu kita optimis bahwa potensi ruang digital Indonesia dapat terus bertumbuh dan kemajuan teknologi digital dapat digunakan dengan bijak agar dampak baiknya semakin dirasakan oleh masyarakat luas. Mari kita terus mengasah diri dan bersama-sama perkuat literasi, kecakapan, serta ketangguhan digital bangsa, menuju Indonesia Terkoneksi: Makin Digital, Makin Maju," kata juru bicara Kominfo, Dedy Permadi, dalam keterangan pers, dikutip Rabu.

Kementerian Kominfo sebagai sektor pemimpin transformasi digital menyiapkan program Gerakan Nasional Literasi Digital sebagai pilar pengembangan sumber daya manusia digital yang telah dimulai sejak tahun 2017. Pelatihan tersebut ditujukan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat dalam menavigasikan diri di ruang-ruang digital.

"Program GNLD Kementerian Kominfo merupakan titik awal bagi pengembangan SDM/talenta digital Indonesia dalam mewujudkan masyarakat digital yang semakin mahir dalam menavigasikan diri di ruang digital dan semakin cakap dalam memanfaatkan kemajuan teknologi digital," kata Dedy.

Kegiatan itu diikuti oleh berbagai narasumber mewakili komunitas, akademisi, publik figur, dan para pemangku kepentingan lainnya di bidang literasi digital, seperti Gubernur, Walikota Bali, pegiat-pegiat literasi digital, praktisi media sosial hingga Key Opinion Leader dari berbagai kota.

Acara yang digelar saat Literasi Digital Netizen Fair antara lain bincang-bincang "Ngobrolin Literasi Digital", dengan bahasan empat pilar literasi digital dan isu terkini teknologi digital.

Kominfo juga mengadakan "Netizen Talks" yang mengulas pemanfaatan teknologi digital secara lebih mendalam, seperti pembuatan konten yang menarik, tips dan trik membuat podcast, hingga kelas animasi.