Sumsel tingkatkan kualitas panti asuhan

id Pemprov Sumsel tingkatkan kualitas panti asuhan,panti asuhan, kualitas panti asuhan, panti asuhan berperan cegh permasa

Sumsel tingkatkan kualitas panti asuhan

Salah satu panti asuhan di Kota Palembang. ANTARA/Yudi Abdullah/21

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan terus berupaya meningkatkan kualitas panti asuhan milik pemerintah daerah maupun yang dikelola yayasan yang tersebar di 17 kabupaten dan kota dalam provinsi setempat.

Peningkatan kualitas panti asuhan dilakukan agar lembaga itu berfungsi sebagai tempat pembinaan anak-anak yatim piatu yang layak dan bisa diandalkan mengurangi permasalahan sosial, kata Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya di Palembang, Senin.

Menurut dia, untuk meningkatkan kualitas panti asuhan di provinsi ini, pihaknya mendorong Dinas Sosial melakukan pembenahan, meningkatkan anggaran dana bantuan operasional dan pembinaan panti asuhan.

Dengan adanya bantuan seperti untuk pembenahan dan biaya operasional, diharapkan panti asuhan bisa berfungsi dengan baik sesuai dengan harapan bersama, katanya.

Dia menjelaskan, secara umum kondisi panti asuhan di provinsi berpenduduk sekitar 8,6 juta jiwa itu, sebagian besar memprihatinkan sehingga perlu dibantu.

"Kami akan terus memberikan bantuan dan melakukan berbagai kegiatan yang dapat meningkatkan peran dan fungsi lembaga sosial itu," ujarnya.

Dengan berfungsinya panti asuhan secara maksimal diharapkan dapat mendukung upaya mencegah dan mengatasi permasalahan sosial yang terjadi di provinsi ini.

Bagaimana bisa memberikan pembinaan terhadap penghuninya jika secara fisik gedung panti asuhan dan fasilitas pendukungnya serta biaya operasional terbatas, ujar Wagub.