163.481 warga OKU sudah divaksin COVID-19

id Cakupan vaksinasi, target vaksin, dosis vaksin, program keroyok vaksin, Dinas Kesehatan OKU

163.481 warga OKU sudah divaksin COVID-19

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten OKU Andi Prapto. (ANTARA/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - Sebanyak 163.481 warga Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan hingga saat ini sudah disuntik vaksin COVID-19 tahap satu dan dua.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Ogan Komering Ulu (OKU) Andi Prapto di Baturaja, Jumat, mengatakan cakupan vaksinasi di wilayah tersebut hingga saat ini sudah mencapai 60,6 persen dari total target sasaran.

Berdasarkan data per 3 Desember 2021 tercatat 163.481 warga Kabupaten OKU mulai dari usia 12-17 tahun hingga lansia sudah disuntik vaksin dari 269.955 target sasaran.

"Artinya tinggal sedikit lagi yang belum tervaksin. Minimal mencapai target 70 persen pada pekan ketiga Desember 2021," katanya.

Untuk mencapai target 70 persen tersebut, pihaknya menggencarkan kembali program "Keroyok Vaksin" yang mulai dilaksanakan pada Sabtu (4/12) di Gedung Kesenian Baturaja.

Program "Keroyok Vaksin" juga digelar di 18 puskesmas yang tersebar di 13 kecamatan di Kabupaten OKU agar mencapai target kekebalan kelompok seluruh warga OKU dari penyebaran virus corona baru itu.

"Melalui program 'Keroyok Vaksin' diyakini cakupan vaksinasi mencapai target hingga batas waktu yang telah ditentukan," ujarnya.

Ia optimistis target tersebut tercapai dengan didukung persediaan vaksin yang mencukupi kebutuhan masyarakat, di mana saat ini tersedia 36 ribu dosis vaksin Sinovac, AstraZeneca, dan Pfizer.

"Kami juga didukung oleh ratusan tenaga vaksinator yang disiagakan di seluruh tempat pelayanan vaksinasi sehingga kami optimis dapat mencapai target sasaran agar Kabupaten OKU bebas dari COVID-19," ujarnya.