Penggemar kemungkinan dilarang berada di arena Olimpiade Beijing

id Olimpiade Beijing,Olimpiade Musim Dingin Beijing,berita sumsel, berita palembang, antara palembang

Penggemar kemungkinan dilarang berada di arena  Olimpiade Beijing

Relawan, staf dan aparat keamanan berdiri di depan pintu masuk Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022-FIS Ski Cross World Cup di Genting Snow Park, Zhanjiakou, China, Sabtu (27/11/2021). REUTERS/Tingshu Wang/HP/djo (REUTERS/TINGSHU WANG)

Jakarta (ANTARA) - Media pemerintah China melaporkan bahwa penonton yang akan menghadiri Olimpiade Beijing di arena utama diwajibkan untuk divaksin sementara penggemar kemungkinan dilarang berada di sekitar arena jika virus corona memburuk di China.

Tidak seperti Olimpiade Tokyo, yang tertunda karena pandemi dan berlangsung musim panas lalu dengan sebagian besar stadion kosong, penyelenggara Olimpiade Musim Dingin yang akan digelar Februari itu telah berjanji untuk mengizinkan adanya penonton, meskipun hanya terbatas bagi orang yang tinggal di China.

Belum ada pengumuman resmi tentang berapa jumlah penonton yang dapat memadati arena National Indoor Stadium -- yang akan menjadi tuan rumah hoki es -- mengisyaratkan banyak hal yang bisa saja terjadi ke depan.

Menurut manajer arena kepada Global Times, dikutip dari AFP, Jumat, penonton di arena harus divaksinasi dan menunjukkan hasil tes negatif COVID-19.

Sekitar 6.000 kursi telah dialokasikan untuk umum tetapi beberapa atau bahkan semuanya bisa saja tidak jadi digunakan, tergantung pada "situasi epidemi tersebut di Beijing dan secara nasional pada saat acara," kata pejabat operasi arena Lei Ming.

China -- tempat virus corona pertama kali terdeteksi pada akhir 2019 -- telah mempertahankan kontrol COVID-19 yang ketat bahkan ketika seluruh dunia mencoba menemukan cara untuk hidup dengan virus tersebut.

Dengan Olimpiade akan digelar lebih dari 60 hari lagi, negara terpadat di dunia itu tidak menunjukkan tanda-tanda mereda untuk pendekatan nol-COVID, yang mengharuskan atlet untuk memasuki "loop tertutup" selama Olimpiade dan menjalani tes COVID-19 harian.

Petugas layanan akan memasuki gelembung "beberapa hari sebelum" dimulainya Olimpiade, dan tidak akan diizinkan meninggalkan gelembung hingga Paralimpiade Musim Dingin pada Maret berakhir.

Lei Ming mengatakan kontak antara orang-orang di dalam dan di luar gelembung tidak diizinkan.

Olimpiade Musim Dingin akan diadakan pada 4-20 Februari, sedangkan Paralimpiade Musim Dingin akan berlangsung pada 4-13 Maret.