Cara buat rumah jadi tempat ternyaman ala Biasalah Anak Muda

id tips mengisi rumah, biasalah anak muda, cara isi rumah,tips rumah, berita sumsel, berita palembang, antara palembang

Cara buat rumah jadi tempat ternyaman ala  Biasalah Anak Muda

Ilustrasi menyiapkan dekorasi rumah di rumah pertama. (ANTARA/HO/Pexels)

Jakarta (ANTARA) - Memiliki rumah yang nyaman adalah impian semua orang khususnya bagi pasangan yang akan membina rumah tangga. Ada banyak aspek yang harus diperhatikan saat ingin mengisi rumah idaman.

Mulai dari alokasi bujet hingga perencanaan konsep desain agar rumah itu biasa sesuai mencerminkan versi ideal sang pemilik rumah.

Berikut beberapa kiat untuk anda yang ingin menciptakan rumah ternyaman versi anda dari akun instagram @biasalahanakmuda yang memang sering mengunggah konten edukatif seputar rumah.

“Ngisi rumah itu kaya nyetir di jalanan komplek, pelan-pelan aja nanti juga sampe. Rumah yang nyaman itu bukan cuma bentuknya aja loh, ternyata isi di dalamnya juga harus bisa buat nyaman dan betah,” ujar admin @biasalahanakmuda dalam siaran pers Shopee, Kamis.

Kiat pertama yang bisa anda lakukan untuk membuat rumah idaman versi anda adalah tentukan gaya interior idaman bersama pasangan.

Tentukan gaya interior rumah yang akan mengisi rumah anda agar anda tidak mudah tergoda oleh perabotan maupun aksesoris rumah yang terlihat lucu saat jalan- jalan di mal ataupun ketika berselancar di e-commerce.

Ada banyak gaya yang bisa anda tentukan, misalnya seperti tren masa kini gaya industrial menjadi salah satu favorit masyarakat dalam menata rumah. Gaya lainnya yang bisa anda coba adalah scandinavian atau gaya minimalis dengan barang- barang berwarna netral seperti putih dan coklat kayu. Gaya- gaya lainnya seperti American Style, Europe Style, Oriental Style, hingga Tropical Style ala Bali bisa juga anda terapkan di rumah anda.

Tentukan satu atau dua gaya terbaik agar rumah tetap bisa nyaman dan mencerminkan secara tepat seperti apa karakter anda dan pasangan.

Tips kedua saat mengisi rumah agar bisa cantik maksimal namun memiliki efisiensi tinggi adalah membuat skala prioritas atau disebut juga phasing strategy. Artinya anda harus bisa memisahkan bujet dan produk- produk rumah tangga yang perlu langsung dibeli atau pun bisa ditunda pembeliannya tanpa mengganggu produktivitas di rumah.

Misalnya seperti kamar tidur dan kamar mandi, itu harus menjadi prioritas karena kebutuhan istirahat dan menjaga kebersihan diri tidak bisa ditunda bukan? Jadi anda bisa memprioritaskan membeli kasur, wastafel, hingga shower mandi terlebih dahulu daripada membeli tanaman terlebih dahulu yang notabenenya bisa ditunda karena tak terlalu urgensi.

Nah Biasalah Anak Muda membagikan tiga fase penting yang perlu diperhatikan saat mengatur phasing strategy.

Pertama pastikan produk yang dibeli bisa langsung digunakan untuk memulai kehidupan di rumah baru dikenal dengan fase to move in. Misalnya tempat tidur, toilet, kompor, kulkas, dan AC (terutama buat yang tinggal di daerah panas, untuk fase pertama ini tipikal rentang waktunya antara 1-3 bulan.

Kedua adalah fase to be nice produk dan perabot rumah tangga dibeli untuk membuat hidup semakin nyaman meski bukan kebutuhan yang mendasar. Misalnya seperti membeli sofa, Smart TV, dekorasi taman, tanaman hias, biasanya bisa dibeli di antara 2- 6 bulan pertama setelah pindah ke rumah baru.

Lalu ada fase terakhir yaitu to be perfect yaitu produk yang dibeli memiliki prioritas tersier. Produk- produk ini biasanya dibeli untuk menambah estetika. Misalnya seperti kitchen set, built in furniture, lukisan, hingga piano. Biasanya untuk memenuhi fase ini bisa dilakukan di 6 hingga 12 bulan awal saat pindah ke rumah baru.

Intinya pastikan barang yang anda beli memenuhi kebutuhan yang paling penting dan hal yang anda kerjakan.

Tips selanjutnya untuk membuat proses mengisi rumah menjadi mudah dan nyaman adalah anda harus memiliki banyak opsi. Langkah ini dilakukan khususnya untuk membuat perubahan yang cukup besar misalnya seperti membeli perabot rumah tangga seperti kulkas, mesin cuci, dan AC maupun seperti furniture.

Opsi yang dimaksud bisa terdiri dari jenis material, warna, ukuran, bahkan hingga pilihan vendor untuk mewujudkan keinginan anda menghadirkan rumah idaman yang dinanti.

Cara keempat agar rumahmu tetap nyaman adalah membuat perabot dari barang yang dibuat oleh hati dan diri sendiri. Kadang saat membeli barang di pasar baik itu di mal atau secara online ada saja barang yang rasanya kurang pas ya. Untuk itu jika anda memiliki ide atau gagasan yang bisa diwujudkan oleh diri sendiri maka anda perlu mencoba untuk merealisasikannya,

Apalagi saat ini sudah banyak tutorial lewat video- video di media sosial untuk mempercantik rumah dari kreasi diri sendiri. Dengan sentuhan personal yang tepat maka dekorasi dan barang yang anda buat makin menghangatkan suasana rumah. 

Tips kelima untuk rumah tetap terasa nyaman adalah pilih produk yang mudah untuk dirawat atau easy to maintain. Cari barang yang mudah dirawat menjadi salah satu solusi mudah untuk membuat rumah terasa nyaman, carilah produk yang lebih berkelanjutan sehingga selain mempermudah kegiatan yang dilakukan di rumah anda juga bisa ikut merawat lingkungan,

Pastikan produk itu juga sesuai dengan bujet anda ya sehingga pengeluaran anda tidak membengkak dan mengganggu finansial rumah tangga.

Terakhir, tips yang sederhana namun seringkali luput dilakukan saat mengisi rumah adalah mencari produk dengan rajin hingga sesuai. Saat membeli produk pastikan jenis dan spesifikasi produk sehingga pada saat digunakan anda pun bisa merasa puas dan tidak kesusahan.

Jangan sampai anda salah beli, karena jika hal itu terjadi maka justru anda perlu merogoh kocek yang lebih dalam untuk mendapatkan barang yang lebih baik.

 

Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2022