BPBD sebut belum ada gempa susulan di Musi Banyuasin

id Gempa bumi kabupaten musi banyuasin,gempa banyuasin,gempa

BPBD sebut belum ada gempa susulan di Musi Banyuasin

WRS-BMKG gempak tektonik berkekuatan 4,7 magnitudo dengan episenter 54 kilometer arah timur laut Musi Banyuasin di daratan pada kedalaman 10 Km (ANTARA/HO/21)

Sumatera Selatan (ANTARA) - Badan Penanggulanan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, menyatakan belum ada gempa susulan yang terjadi di kabupaten itu berdasarkan info dari Badan Meteorologi dan Klimatologi, Geofisika setempat.

“Belum ada informasi gempa susulan,” kata Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Musi Banyuasin Erik di Sekayu, Senin.

Menurutnya, berdasarkan analisis BMKG yang mereka terima telah terjadi gempa tektonik berkekuatan 4,7 magnitudo dengan episenter di titik koordinat 2,28 Lintang Selatan (LS) dan 104,14 Bujur Timur (BT) atau berlokasi 54 kilometer (Km) arah timur laut Musi Banyuasin di daratan pada kedalaman 10 Km.

Jenis gempa bumi tersebut adalah gempa dangkal akibat adanya aktivitas sesar lokal di wilayah tersebut yang terjadi pada Ahad (28/11) sekitar pukul 16.07 WIB.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

Namun, meskipun tidak berpotensi menimbulkan tsunami pihaknya tetap bersiaga bila kondisi meningkat.

Sebagaimana diprakirakan BMKG dampak gempa seperti gerabah pecah, jendela pintu berderik dan dinding berbunyi di Musi Banyuasin – Kota Jambi.

Dengan demikian masyarakat diharapkan jangan panik serta diimbau untuk senantiasa waspada dan responsif terhadap dampak guncangan gempa bumi tersebut.

“Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa sebelum kembali ke dalam rumah,” ujarnya.*

Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2022