BPBD OKU bentuk tim patroli penanggulangan bencana alam

id Tim patroli, pemantau potensi bencana alam, banjir dan tanah longsor, BPBD OKU,Pengandonan, Semidang Aji, Lengkiti,berita sumsel, berita palembang, an

BPBD OKU bentuk tim patroli penanggulangan bencana alam

Posko induk penanggungan bencana alam BPBD OKU. ANTARA/Edo Purmana/21

Baturaja (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan membentuk tim patroli penanggulangan bencana banjir dan tanah longsor di lima kecamatan di wilayah itu.

Manager Pusdalops BPBD Ogan Komering Ulu (OKU), Gunalfi di Baturaja, Rabu menerangkan tim patroli ini dibentuk di lima kecamatan meliputi Ulu Ogan, Pengandonan, Semidang Aji, Lengkiti dan Lubuk Batang.

Dia menjelaskan pembentukan tim patroli di lima kecamatan tersebut karena dipetakan sebagai daerah yang berpotensi terjadi bencana banjir dan tanah longsor saat musim hujan.

Baca juga: Tim Satresnarkoba Polres OKU tangkap bandar dan pemakai narkoba

"Lima kecamatan ini sangat berpotensi terjadi banjir dan tanah longsor sehingga perlu dibentuk tim pemantau bencana alam," katanya.

Tim yang berjumlah 15 orang dari personel BPBD OKU ini disiagakan 1x24 jam per shift untuk memantau potensi bencana alam di wilayah masing-masing.

Tim pengawas tersebut bertugas melakukan patroli guna mengetahui sekaligus mengatasi bencana alam agar cepat diketahui masyarakat luas.

Baca juga: BPBD OKU bentuk tim reaksi cepat penanggulangan bencana alam

"Jika terjadi potensi bencana mereka akan segera melapor ke posko induk untuk disampaikan peringatan dini kepada masyarakat luas di Kabupaten OKU," ujarnya.

Tim tersebut juga bertugas menyosialisasikan kepada masyarakat terkait perkembangan dini cuaca agar selalu waspada menghadapi bencana alam guna mengantisipasi korban jiwa.

"Dengan adanya tim patroli ini diharapkan peristiwa bencana alam dapat ditanggulangi sedini mungkin," ujar dia.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2021