Banjir rusak jembatan di Dolok Merawan Serdang Bedagai

id banjir, jembatan rusak,serdang bedagai,berita sumsel, berita palembang, antara palembang

Banjir rusak jembatan di Dolok Merawan Serdang  Bedagai

Wakil Bupati Serdang Bedagai Adlin Tambunan saat meninjau jembatan yang rusak dampak banjir (ANTARA/HO)

Seirampah (ANTARA) - Satu unit jembatan di Dolok Merawan, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, rusak diterjang banjir, sehingga memutus akses jalan antara Dusun IV dan V Desa Dolok Merawan.

Wakil Bupati Serdang Bedagai Adlin Umar Yusri Tambunan di Seirampah, Selasa, mengatakan jembatan di Kecamatan Dolok Merawan tersebut mengalami kerusakan setelah dihantam banjir yang terjadi pada Minggu dini hari (21/11) lalu.

"Banjir merusak jembatan yang tidak hanya menghubungkan dua dusun, tapi juga Kabupaten Serdang Bedagai dan Simalungun. Selain jembatan yang rusak, beberapa rumah warga juga terdampak banjir tersebut," katanya.

Ia mengatakan pihaknya saat ini berusaha mencari solusi terbaik agar fasilitas jembatan yang rusak dapat segera diperbaiki dan aktivitas masyarakat Desa Dolok Masihul bisa kembali normal.

"Rencananya bulan Desember ini dilakukan proses lelang perbaikan. Target Januari 2021 lelang selesai dengan estimasi proses pembangunan sekitar 3 bulan. Insya Allah jembatan akan dilapisi aspal dan semoga dapat segera memulihkan mobilitas warga," katanya.

Selain perbaikan jembatan, katanya, proses penanggulangan banjir juga akan menjadi perhatiannya. "Penanganan bencana banjir ini juga akan menjadi perhatian kami agar ke depannya hal yang sama bisa diminimalisasi, bahkan dituntaskan sepenuhnya," katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Dolok Merawan Pujiono mengemukakan jika jembatan tersebut runtuh pasca-hujan deras yang mengakibatkan banjir dan menghantam bangunan jembatan.

"Kejadiannya sekitar jam 2 dini hari. Selain jembatan rusak, ada 20 orang kepala keluarga yang terdata ikut terdampak banjir," katanya.