Sejumlah penonton WSBK apresiasi angkutan gratis ke Sirkuit Mandalika

id NTB,World Superbike,WSBK,Lombok

Sejumlah penonton WSBK apresiasi angkutan gratis ke Sirkuit Mandalika

Sejumlah penumpang bus yang akan menuju ke Sirkuit Mandalika, Sabtu (20/11/2021). (ANTARA/Nur Imansyah).

Lombok Tengah, NTB (ANTARA) - Sejumlah penonton World Superbike (WSBK) yang datang ke Pertamina Mandalika Internasional Street Circuit, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, mengaku mengapresiasi angkutan gratis yang disediakan oleh pemerintah.

Yoga penonton asal Kota Mataram, mengaku antusias bisa menonton WSBK. Apalagi pemerintah mempersiapkan transportasi atau angkutan gratis ke Sirkuit Mandalika.

"Kami tidak perlu lagi capek-capek harus membawa motor, cukup naik bus sudah sampai ke sirkuit," ujarnya di Mandalika, Sabtu.

Selain itu, dirinya mengaku terkesan dengan pelayanan yang diberikan selama perjalanan dari lokasi naik di Eks Bandara Selaparang menuju Sirkuit Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah.

"Terimakasih kepada pemerintah provinsi, termasuk TNI/Polri," ujarnya.

Sementara penonton asal Jakarta, Iham mengaku datang bersama rombongan teman-temanya untuk melihat balapan WSBK dan keindahan Lombok.

"Kita ada 8 orang rombongan, tiket dan hotel sudah kita boking," katanya.

Tak hanya itu, dirinya mengatakan transportasi ke Sirkuit Mandalika juga mudah. Ada bus yang mengantar hingga masuk kawasan area luar sirkuit, sehingga ini kesempatan mumpung racenya di negara kita, jadi kami manfaatkan kesempatan sekalian akhir pekan," ucapnya.

Penonton WSBK lain, Haryanto, warga kota Mataram yang naik bus dari bandara Lombok Bizam mengaku senang dengan angkutan transportasi yang disediakan pemerintah.

Setelah sampai diparkir, penonton diarahkan untuk Scan Peduli Lindungi dan diperiksa pada pintu masuk untuk menukar tiket. Kemudian diarahkan naik bus pengantar menuju tribun berdasarkan warna stand tribun tempat menonton.

"Benar-benar dimudahkan dan dilayani betul masyarakatnya," kata Yanto.

Kondektur Bus Surya Kencana, Farid mengatakan bus mengangkut penonton dari Bandara Bizam ke parkir timur, sangat ramai.

"Sejak 2 hari ini, bahkan kami bisa PP 4-5 kali dalam sehari," ucapnya.

Begitupun pengakuan Mundra pemilik angkutan travel asal Sikur Lombok Tengah yang mangkal di Bandara Lombok. Menurutnya, dua minggu terakhir angka kedatangan di bandara Bizam sangat ramai.

"Termasuk pengunjung yang menonton WSBK di Mandalika," ungkap Mundra.

Di bandara juga bus telah tersedia untuk memudahkan penonton WSBK menuju Mandalika.

Berdasarkan data bahwa ada lima titik yang akan digunakan atau lokasi penempatan shuttle bus, yang akan mengangkut masyarakat yang telah mempunyai tiket untuk menuju ke sirkuit yaitu pertama di Pelabuhan Bangsal, kemudian di Pelabuhan Kayangan, kemudian di Pelabuhan Lembar, kemudian di eks Bandara Selaparang, kemudian di Bandara BIL.

Moda transportasi yang telah disediakan di masing-masing titik adalah 25 unit bus di eks Bandara Selaparang Kota Mataram, 25 unit bus di Pelabuhan Kayangan Lombok Timur, 25 unit bus di Pelabuhan Lembar Lombok Barat, 16 unit bus di Pelabuhan Bangsal Lombok Utara, dan lima unit bus di Bandara Internasional Lombok (BIL). Bus-bus itu menuju ke kantong parkir yang ada di parkir timur Sunggung dan kantong parkir yang ada di Masjid Nurul Bilad, Kuta Mandalika.