KSP Moeldoko kunjungi produsen game Agate Bandung, rangkaian Piala Presiden Esports 2021

id piala presiden esports,ksp,moeldoko

KSP Moeldoko kunjungi produsen game Agate Bandung, rangkaian Piala Presiden Esports 2021

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko memainkan salah satu game buatan Agate, yaitu Road to Anfield saat mengunjungi perusahaan itu di Gedebage, Kota Bandung, Selasa (16/11/21), yang merupakan rangkaian kegiatan Piala Presiden Esports 2021. (ANTARA/HO/21)

Game merupakan salah satu industri yang saat ini menjadi prioritas pemerintah untuk terus dikembangkan. Industri game sarat akan teknologi canggih dan rumit yang harus kita kuasai untuk bisa bersaing secara global
Palembang (ANTARA) - Kepala Staf Kepresidenan Jenderal TNI (Purn) Moeldoko bersama sejumlah unsur pimpinan kementerian mengunjungi  perusahaan produsen game Agate di Gedebage, Kota Bandung,  Selasa (16/11/21), yang merupakan rangkaian Piala Presiden Esports 2021.

“Game merupakan salah satu industri yang saat ini menjadi prioritas pemerintah untuk terus dikembangkan. Industri game sarat akan teknologi canggih dan rumit yang harus kita kuasai untuk bisa bersaing secara global,” kata Moeldoko.

Pemerintah terus mendorong dan mengupayakan agar game-game buatan anak bangsa bisa menguasai pasar di dalam negeri hingga luar negeri.

Moeldoko yang didampingi Ketua Penyelenggara Piala Presiden Esports 2021 Rangga Danu Prasetyo disambut CEO dan Co-founder Agate Arief Widhiyasa.

Turut hadir pula dalam kunjungan tersebut Asisten Deputi Akses Permodalan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Suparman.

Selain membahas berbagai hal seputar seluk beluk industri game lokal, Moeldoko juga berdialog dengan para engineer Agate tentang proses pembuatan game.

Mantan Panglima TNI ini terkesan dengan penguasaan teknologi dan infrastruktur game digital yang dimiliki Agate, yang dinilai sudah mampu menyaingi produsen game internasional.  

Ia mengatakan Indonesia memiliki potensi besar untuk menjadi pemain utama dalam industri game dunia. Selain penguasaan teknologi, salah satu modal pentingnya adalah market game di Indonesia yang sangat besar dan selama ini masih didominasi game populer mancanegara.

Moeldoko menekankan pentingnya sinergi lintas sektoral, antara pemerintah dan pelaku industri game, untuk dapat mengatasi berbagai tantangan dan hambatan dalam pengembangan game lokal secara maksimal.  

Pemerintah dalam hal ini kementerian-kementerian teknis terkait terus melakukan berbagai upaya seperti penyetaraan developer game, sertifikasi game lokal, serta menyelenggarakan berbagai program mulai dari pembinaan, fasilitas, dan insentif, demi mendorong pertumbuhan industri game dalam negeri, kata dia.

Dalam kesempatan yang sama, CEO & Co-founder Agate Arief Widhiyasa mengatakan perusahaanya didirikan sejak 2009 di Bandung yang sepenuhnya dimiliki dan diisi oleh talenta-talenta lokal.

Dukungan pemerintah sangat diharapkan untuk bisa memajukan industri game lokal agar mampu tumbuh menjadi kebanggaan nasional.

“Ke depan, kami sangat siap untuk bersinergi ke depannya agar bagaimana industri game kita betul-betul bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri,” kata Arief.

Sementara Rangga Danu menambahkan, pihaknya sebagai mitra pemerintah dalam penyelenggaraan Piala Presiden Esports 2021 telah mengambil langkah konkrit untuk memberi ruang seluas-luasnya bagi game lokal di ajang esports terbesar di Tanah Air.

Hingga saat ini, Piala Presiden Esports 2021 turut mempertandingkan dua game buatan dalam negeri yaitu Lokapala besutan Anantarupa Studios serta Battle of Satria Dewa garapan Semisoft & BANG Indonesia.

Tentu tidak hanya dari sisi turnamennya, kolaborasi dengan produsen-produsen game Tanah Air juga terbuka lebar dalam berbagai hal.

Piala Presiden Esports mendukung sepenuhnya industri game kita agar bisa semakin populer dan bersaing dengan game internasional. Ini sudah menjadi cita-cita untuk menciptakan ekosistem esports nasional, ujar Rangga.

Piala Presiden Esports

Saat ini Piala Presiden Esports 20021 saat ini tengah menyelesaikan babak kualifikasi regional dan akan berlanjut ke babak kualifikasi terbuka serta kualifikasi tertutup.

Setidaknya 107.000 atlet esports mengikuti berkompetisi ini untuk memperebutkan predikat terbaik di kancah esports nasional. Puncaknya akan bergulir di babak Grand Final Piala Presiden Esports 2021 yang dipusatkan di Nusa Dua, Bali, pada Desember mendatang.  

Piala Presiden Esports merupakan kompetisi esports hasil kolaborasi antara Kantor Staf Presiden, Kantor Staf Presiden RI (KSP), Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, serta Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan PB Esports Indonesia (PBESI), serta sepenuhnya dikelola secara profesional oleh instansi swasta PT Gajah Merah Terbang.

Kompetisi Piala Presiden Esports 2021 diselenggarakan untuk menemukan serta membina talenta-talenta baru di bidang esports agar dapat berprestasi di tingkat nasional maupun internasional.

Kompetisi ini dihelat pada 9 Oktober (Kick Off) dan Grand Final diadakan pada 18-19 Desember 2021 di Bali.

Piala Presiden Esports 2021 hadir dengan membawa kembali Mobile Legends: Bang-Bang. Game besutan Moonton ini merupakan cabang utama pada gelaran Piala Presiden Esports 2019 lalu.

Melihat kesuksesan di tahun lalu, eFootball PES 2021 juga kembali dihadirkan dengan format kompetisi yang sama seperti sebelumnya, yakni sistem regional dan profesional.

Tidak hanya itu, PUBG Mobile yang merupakan genre Battle Royale ternama juga ikut hadir mewarnai gelaran tahun ini. Dengan format yang sama, para peserta akan dibagi dalam kualifikasi regional untuk menentukan siapa yang berhak maju ke babak Grand Final Piala Presiden Esports 2021.

Demi memajukan industri game lokal, Piala Presiden Esports 2021 juga akan menggelar cabang Lokapala. Piala Presiden Esports 2021 akan terus membawa semangat ini sama seperti gelaran tahun sebelumnya yang menjadikan game lokal Ultra Space Battle Brawl sebagai cabang eksebisi.