Sumsel dorong kabupaten capai vaksinasi 70 persen

id Dinkes Sumsel dorong capaian vaksinasi di atas 70 persen, capaian vaksinasi, vaksinasi covid-19

Sumsel dorong kabupaten capai vaksinasi 70 persen

Pelayanan vaksinasi COVID-19 (ANTARA/Yudi Abdullah/21)

Palembang (ANTARA) - Pejabat Dinas Kesehatan Sumatera Selatan mendorong capaian vaksinasi COVID-19 kabupaten dan kota dalam provinsi setempat mencapai di atas 70 persen.

"Hingga pekan kedua November 2021 ini baru satu daerah yang capaian vaksinasinya 71 persen yakni Kota Palembang sedangkan daerah lainnya berkisar 16 -67 persen," kata Kepala Dinas Kesehatan Sumsel, Lesty Nuraini di Palembang, Senin.

Menurut dia, capaian vaksinasi didorong di atas target minimal 70 persen untuk memaksimalkan kekebalan komunal (herd immunity) dari penularan virus corona jenis baru itu.

Selain Kota Palembang yang dalam waktu dekat capaian vaksinasinya bisa mencapai di atas 70 persen yakni Kota Pranumulih dan Lubuklinggau.

Berdasarkan data, Kota Prabumulih capaian vaksinasinya 67,8 persen dan Lubuklinggau 62,7 persen.

Jika pelayanan vaksinasi COVID-19 yang dilakukan sejak pertengahan Januari 2021 berjalan dengan baik serta mendapat dukungan maksimal semua pihak dan lapisan masyarakat, pihaknya optimistis target vaksinasi 6,3 juta jiwa hingga akhir 2021 ini bisa tercapai.

Melalui vaksinasi dan disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes) seperti selalu menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak diharapkan dapat memutus mata rantai penularan COVID-19, ujar Kadinkes.