Dinas Pertanian Kabupaten OKU bantu petani penuhi kebutuhan air

id Bantuan pompa hidram, krisis air, areal sawah dan kebun, daerah bebatuan, Dinas Pertanian OKU

Dinas Pertanian Kabupaten OKU bantu petani penuhi kebutuhan air

Ilustrasi mesin pompa hidram. (ANTARA/HO/21)

Baturaja (ANTARA) - Dinas Pertanian Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan membantu petani memenuhi kebutuhan air untuk mengaliri sawah dan areal perkebunan melalui bantuan mesin pompa hidram.

Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Pertanian Ogan Komering Ulu (OKU) Agus Paharyono di Baturaja, Senin menjelaskan guna mengatasi krisis air di areal persawahan dan perkebunan pihaknya akan memanfaatkan teknologi pompa hidram.

"Meskipun di Kabupaten OKU terdapat aliran Sungai Ogan, namun sebagian besar kawasan merupakan area bebatuan yang selama ini dinilai minim air sehingga sulit bagi petani untuk berkebun," katanya.

Oleh sebab itu, kata dia, pemerintah daerah berinisiatif membantu mengatasi krisis air melalui bantuan pompa hidram agar petani dapat bercocok tanam.

Bantuan itu sendiri, kata dia, mulai dianggarkan pihaknya pada tahun 2022 melalui dana APBD Kabupaten OKU.

Untuk tahap awal, lanjut dia, pihaknya fokus memasang dua titik pompa hidram di areal persawahan dan perkebunan wilayah Kecamatan Ulu Ogan dan Pengandonan.

Dengan adanya bantuan tersebut diharapkan dapat mengurangi biaya bercocok tanam dan meningkatkan hasil panen petani di wilayah itu.

"Pemanfaatan teknologi pompa hidram ini tidak membutuhkan listrik dan bahan bakar minyak (BBM) sehingga menghemat modal petani untuk bercocok tanam," ujarnya.