Ganda campuran Indonesia targetkan satu gelar juara di Bali

id ganda campuran bulu tangkis Indonesia,berita sumsel, berita palembang,Nova Widianto

Ganda campuran Indonesia targetkan satu gelar juara di Bali

Pelatih ganda campuran PP PBSI Nova Widianto saat ditemui di sela-sela kegiatan Indonesia Badminton Festival (IBF) 2021di Bali, Minggu (14/11/2021). ANTARA/Roy Rosa Bachtiar/pri. (ANTARA/Roy Rosa Bachtiar)

Nusa Dua (ANTARA) - Tim ganda campuran bulu tangkis Indonesia menargetkan bisa mengamankan minimal satu gelar juara dari tiga turnamen yang akan berlangsung dalam Indonesia Badminton Festival (IBF) 2021 di Nusa Dua Bali, yang dihelat pada 16 November-5 Desember.

Pernyataan ini diungkapkan langsung oleh pelatih ganda campuran Pelatnas PBSI Nova Widianto yang menaruh harapan tinggi pada anak didiknya mengingat sektor yang diasuhnya belum tampil memuaskan saat bermain di turnamen Eropa.

"Hasil di Eropa memang kurang bagus, tapi kita sebagai tuan rumah harus mengusahakan bisa ambil satu gelar juara di turnamen Bali," kata Coach Nova saat ditemui di Bali, Minggu.

Persaingan di IBF 2021 diprediksi akan sulit karena ketahanan pemain yang sudah berkurang setelah melakoni laga panjang di Eropa. Untuk saat ini tim pelatih hanya fokus pada upaya menjaga kebugaran dan mental atlet.

Padatnya jadwal pertandingan di semester kedua tahun 2021 dipandang menjadi alasan sejumlah atlet bermain kurang matang. Menanggapi hal ini, Nova secara tegas menepis pandangan tersebut dan sudah meminta atlet untuk menjaga disiplin selama jadwal turnamen.

Masalah stamina yang mengendur hingga jetlag adalah tantangan klasik yang dihadapi atlet jika berlaga di luar negeri dalam waktu lama. Oleh sebab itu atlet harus punya kemampuan untuk mengatur kondisi badannya, tidak hanya menyiapkan teknik dan latihan untuk pertandingan.

"Ini tantangan yang harus diatasi juga, mau tidak mau walaupun berat. Semua pemain pasti juga merasakan beban, tidak hanya di badan tapi juga mental. Pasti jenuh di Eropa. Tapi kan harus ikut main, jadi tidak bisa jadi alasan mereka jadi menurun," Nova menegaskan.

Bermain sebagai tuan rumah secara bersamaan membawa semangat dan beban tersendiri bagi tim. Menyikapi ini, Nova berharap atletnya bisa bermain maksimal dan tidak perlu memikirkan hasil dari Eropa.

Dengan bermain di dalam negeri, mental atlet diharapkan semakin meningkat dan jangan sampai menjadi beban yang membuat penampilannya memburuk.

"Meski berat tapi harus optimistis, kita tuan rumah dan anak-anak harus tahu itu. kami harus juara di sini, tidak usah memikirkan kemarin hasilnya bagaimana, yang penting ke depan bagus aja," pungkasnya.