Kemenkumham Sumsel tingkatkan kapasitas humas cegah hoaks

id Kemenkumham Sumsel tingkatkan kapasitas humas cegah hoaks, cegah hoaks, kemampuan petugas humas ditingkatkan

Kemenkumham Sumsel tingkatkan kapasitas humas cegah hoaks

Kemenkumham Sumsel gelar workshop tingkatkan kapasitas humas dan protokol. (ANTARA/Yudi Abdullah/21)

Palembang (ANTARA) - Pejabat Kanwil Kementerian Hukum dan Hsk Asasi Manusia (Kemenkumham) Sumatera Selatan berupaya meningkatkan kapasitas tenaga humas untuk mencegah informasi hoaks atau berita negatif.

Kakanwil Kemenkumham Sumsel Indro Purwoko di Palembang, Kamis , mengatakan untuk meningkatkan kapasitas tenaga humas pihaknya menggelar workshop kehumasan dan keprotokolan dengan mengusung tema "Peningkatan Kompetensi Humas untuk Citra Kemenkumham yang Semakin PASTI"  pada 10 -12 November 2021.

Menurut dia, saat ini banyak tantangan yang harus dihadapi oleh pengemban fungsi kehumasan, terutama pola adaptasi penyampaian informasi pada masa pandemi dan pengawasan informasi hoaks atau berita negatif.

Untuk itu 66 pejabat dan pegawai dari 29 satuan kerja di lingkungan Kanwil Kemenkumham Sumsel dibekali dengan pengetahuan pengelolaan fungsi kehumasan dan keprotokolan.

Peningkatan kualitas publikasi informasi haruslah dilakukan secara bersama-sama, terpadu, terprogram, terarah, dan konsisten  dengan  memperhatikan kebutuhan masyarakat maupun instansi. 

Sehingga informasi yang diberikan tersampaikan dengan tepat dan dapat meningkatkan citra positif organisasi.

Sedangkan pada fungsi protokoler, pola koordinasi lintas lembaga harus terus dioptimalkan, ujar Indro.

Sementara Kepala Bagian Program dan Humas Gunawan menambahkan workshop tersebut  diselenggarakan dengan tujuan memberi edukasi, penguatan, serta pemahaman kepada pegawai, terutama bagi pengemban tugas fungsi kehumasan dan keprotokolan.

Melalui upaya tersebut diharapkam tim kehumasan bisa menyampaikan pesan-pesan yang bersifat membangun serta mudah dipahami oleh masyarakat, kata ketua  pelaksana workshop itu.