China berpatroli saat anggota parlemen AS kunjungi Taiwan

id China,Taiwan,Amerika Serikat,patroli china,selat taiwan

China berpatroli saat anggota parlemen AS kunjungi Taiwan

Dokumentasi - Kapal-kapal pengawal perusak radar Komando Armada Timur Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) bersiaga di Laut China Timur untuk melakukan latihan tempur pada akhir Januari 2021. ANTARA/HO-China Military/mii/am.

Beijing (ANTARA) - Militer China pada Selasa (9/11) mengatakan mereka melakukan patroli kesiapan tempur ke arah Selat Taiwan setelah kementerian pertahanan China mengecam kunjungan delegasi Kongres Amerika Serikat ke Taiwan.

Delegasi Kongres AS itu disebut tiba di Taiwan dengan pesawat militer.

Patroli itu ditujukan untuk menyikapi kata-kata dan tindakan yang "sangat salah" dari "negara-negara yang bersangkutan" tentang masalah Taiwan dan untuk kegiatan pasukan pro kemerdekaan di Taiwan, kata seorang juru bicara militer China dalam sebuah pernyataan.

Ketegangan di lintas selat telah meningkat dalam beberapa bulan terakhir. Taiwan selama satu tahun terakhir atau lebih mengeluh tentang misi patroli berulang yang dilakukan oleh angkatan udara China di dekat pulau yang memiliki pemerintahan sendiri itu.

Baca juga: Biden-Xi bertemu secara virtual paling cepat pekan depan

Beberapa  media Taiwan pada Selasa melaporkan bahwa anggota parlemen dan senat AS -- yang tidak disebutkan namanya -- telah tiba di Taipei pada Selasa malam dengan pesawat militer AS.

Kantor pemerintah Taiwan menolak berkomentar tentang kunjungan itu.

Institut Amerika dan kedutaan de facto AS tanpa adanya hubungan diplomatik formal di Taiwan tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Kementerian pertahanan China mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa anggota Kongres AS telah tiba di Taiwan dengan pesawat militer.

"Kami dengan tegas menentang dan mengutuk keras langkah ini," katanya.

China tidak mengesampingkan penggunaan kekuatan untuk membawa Taiwan di bawah kendalinya, meskipun pulau itu mengklaim diri sebagai negara merdeka yang akan mempertahankan kebebasan dan demokrasinya.

Sumber: Reuters