Petani OKU panen 12 ton bawang merah

id Panen raya, bawang merah, kelompok tani Makmur, sentra produksi bawang, Dinas Pertanian OKU

Petani OKU panen 12 ton bawang merah

Kelompok Tani Makmur Kabupaten OKU melakukan panen raya bawang merah, Selasa. (ANTARA/Edo Purmana/21)

Target tersebut diyakini akan tercapai mengingat Kecamatan Sosoh Buay Rayap ini merupakan daerah sentra produksi bawang merah
Baturaja (ANTARA) - Dinas Pertanian Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan melakukan panen raya bawang merah dengan target 12 ton yang dipanen petani di Kecamatan Sosoh Buay Rayap.

"Panen raya bawang merah ini sudah dilakukan petani di Kecamatan Sosoh Buay Rayap secara bertahap sejak dua pekan lalu," kata Kepala Dinas Pertanian Ogan Komering Ulu (OKU), Joni Sahiu di Baturaja, Selasa.

Bawang yang sedang dipanen petani ini merupakan bibit bantuan dari Dinas Pertanian OKU yang disalurkan kepada Kelompok Tani Makmur untuk ditanam diatas lahan seluas 1,5 hektare.

Dari 1,5 hektare luasan tanaman bawang yang akan dipanen pihaknya menargetkan memproduksi sebanyak 12 ton per hektare.

"Target tersebut diyakini akan tercapai mengingat Kecamatan Sosoh Buay Rayap ini merupakan daerah sentra produksi bawang merah di Kabupaten OKU," kata dia.

Berdasarkan data Dinas Pertanian Kabupaten OKU, kata Joni, Kecamatan Sosoh Buay Rayap merupakan daerah sentra produksi bawang merah dengan hasil panen yang cukup memuaskan.

Meskipun lahan tidak terlalu luas, namun hasil panen raya yang diperoleh kelompok tani di Desa Tungku Jaya, Kecamatan Sosoh Buay Rayap tersebut saat masa panen tahun sebelumnya mencapai lebih dari 12 ton/hektare.

"Kabupaten OKU sangat potensial bagi budi daya tanaman umur pendek ini," ungkapnya.

Oleh sebab itu, budi daya tanaman bawang merah ini kedepan akan diperluas hingga ke kecamatan lainnya guna meningkatkan kesejahteraan petani di Kabupaten OKU.

"Kami juga terus memberikan pembinaan bagi petani tentang cara bercocok tanam yang baik dan benar agar hasil panennya nanti memuaskan," ujarnya.