Wakil Wali Kota Palembang imbau warga waspadai penyakit saat musim hujan

id waspada penyakit saat musim hujan, penyakit musim hujan, musim hujan, jaga kebersihan anti

Wakil Wali Kota Palembang imbau warga waspadai penyakit saat musim hujan

Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda (ANTARA/Yudi Abdullah)

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan mengimbau warga setempat mewaspadai ancaman berbagai penyakit yang biasa timbul saat musim hujan.

"Memasuki musim hujan November 2021 ini hingga beberapa bulan ke depan itu perlu diwaspadai karena kemungkinan timbul berbagai jenis penyakit yang dapat mengganggu kesehatan," kata Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda di Palembang, Selasa.

Beberapa penyakit yang biasa timbul pada musim hujan yang perlu diwaspadai warga kota ini, seperti demam berdarah dengue (DBD), malaria, flu, batuk, dan diare.

Berbagai penyakit tersebut rentan menyerang warga kota yang tinggal di kawasan permukiman yang kurang terjaga kebersihannya.

Untuk mencegah penularan penyakit tersebut, warga Palembang diminta meningkatkan kebersihan lingkungan, baik di sekitar tempat tinggal, tempat bekerja, lingkungan tempat usaha, dan lainnya.

Kebersihan lingkungan tempat tinggal dan beraktivitas itu, katanya, bisa tercipta dengan cara melakukan gotong royong, meningkatkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS), serta tidak membuang sampah sembarangan.

Ia menjelaskan jiwa warga membuang sampah sembarangan pada musim hujan, bukan hanya bisa menjadi sarang penyakit tetapi juga dapat menyumbat saluran air yang mengakibatkan terjadinya genangan air di sejumlah kawasan permukiman penduduk dan jalan protokol.

Ia menilai kesadaran warga "Bumi Sriwijaya" ini untuk hidup bersih dan sehat sudah cukup tinggi terbukti Palembang telah beberapa kali menerima Piala Adipura dan Piala Adipura Kencana namun kesadaran itu perlu terus ditumbuhkan sehingga ke depan menjadi lebih baik lagi.

"Melalui berbagai upaya untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat serta PHBS, diharapkan berbagai penyakit yang dikhawatirkan mewabah pada saat musim hujan dapat dicegah," ujar dia.