Dinkes: 90 persen pelajar di Kabupaten OKU sudah divaksin

id Vaksinasi pelajar, pelajar di OKU, kekebalan kelompok, stok vaksin, Dinas Kesehatan OKU

Dinkes: 90 persen pelajar di Kabupaten OKU sudah divaksin

Seorang pelajar SMP di Kabupaten OKU disuntik vaksin COVID-19, Minggu. ANTARA/Edo Purmana/21

Baturaja (ANTARA) - Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, Andi Prapto menyebutkan 90 persen pelajar di wilayahnya sudah mendapat vaksin COVID-19.

"Hingga 6 November 2021 cakupan vaksinasi untuk pelajar sudah mencapai 90 persen," kata Andi Prapto di Baturaja ibu kota Kabupaten OKU, Minggu.

Dia menjelaskan, dari 36.926 target pelajar yang akan divaksin, sebanyak 33.233 atau 90 persen diantaranya sudah mendapat suntikan vaksin tahap satu dan kedua.

Percepatan vaksinasi bagi pelajar usia 12-17 tahun ini terus dilakukan guna mendukung proses belajar tatap muka di sekolah.

Untuk mempercepat proses vaksinasi tersebut pihaknya melibatkan Dinas Pendidikan Kabupaten OKU untuk mengerahkan peserta didiknya agar segera datang ke tempat pelayanan vaksinasi guna disuntik vaksin COVID-19.

"Untuk persediaan vaksin saat ini tidak ada masalah di mana tersedia sebanyak 30.000 dosis vaksin Sinovac dan AstraZeneca," ujarnya.

Oleh sebab itu, Andi mengimbau seluruh pelajar di Kabupaten OKU khususnya yang belum divaksin agar segera datang ke Puskesmas terdekat supaya dapat mencapai target kekebalan kelompok hingga Desember 2021.

"Target kami minimal akhir November 2021 seluruh pelajar di OKU sudah divaksin," tegasnya.

Sementara itu, menurut Carlos salah seorang pelajar SMP di Kabupaten OKU mengaku senang setelah divaksin memiliki kepercayaan diri untuk melaksanakan proses belajar tatap muka di sekolah.

"Yang pastinya setelah divaksin saya merasa aman dari penyebaran COVID-19," ujarnya.