Dinkes Ogan Komering Ulu meminta warga waspadai DBD

id Waspada DBD, penyakit gigitan nyamuk, pola 3 M, demam berdarah dengue, Dinkes OKU

Dinkes Ogan Komering Ulu meminta warga waspadai DBD

Dokumen - Pengasapan berantas DBD (ANTARA/Harianto)

Baturaja (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan meminta masyarakat di wilayah setempat agar waspada terhadap penyebaran penyakit demam berdarah dengue (DBD).

"Khususnya saat musim hujan seperti sekarang ini, penyakit DBD mudah menyerang masyarakat," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan OKU Andi Prapto di Baturaja, Sabtu.

Dia menjelaskan penyakit yang dapat ditularkan melalui gigitan nyamuk aedes aegypti ini sering mengancam masyarakat saat musim hujan.

Saat musim hujan banyak terdapat genangan air, sehingga jentik nyamuk ini cepat berkembang biak dan menyebarkan penyakit pada manusia.

Berdasarkan data, kata dia, hingga Oktober 2021 tercatat sebanyak enam pasien anak dan dewasa yang dirawat di rumah sakit setempat karena menderita DBD.

Oleh sebab itu, kata dia, meskipun tidak ada korban jiwa, masyarakat diminta tetap meningkatkan kewaspadaan terhadap DBD dan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat agar terhindar dari penyakit tersebu

Untuk menghindari penyakit DBD masyarakat diminta menerapkan pola 3M, yaitu menguras dan menutup bak penampungan air serta mengubur barang bekas.

"Pola 3M ini merupakan cara yang sangat efektif dalam memberantas jentik nyamuk penyebab DBD," ujarnya.