Dubes dorong JD.com fasilitasi produk Indonesia di ajang festival belanja 11-11

id festival belanja 11-11,festival belanja di China

Dubes dorong JD.com fasilitasi produk Indonesia di ajang festival belanja 11-11

Duta Besar RI untuk China Djauhari Oratmangun (tiga kiri) foto bersama beberapa dubes lain dalam seminar e-dagang yang digelar JD.com di Beijing, China, Selasa (2/11). (ANTARA/KBRI-Beijing)

Beijing (ANTARA) - Duta Besar RI untuk China Djauhari Oratmangun mendorong JD.com (Jingdong) memfasilitasi produk-produk usaha mikro, kecil, dan menengah dari Indonesia dijual di lapak salah satu platform belanja daring terbesar di daratan Tiongkok itu pada Festival Belanja 11-11.

"Saya berharap Festival Single Day (11-11) dapat menjadi momentum penting dalam upaya promosi produk Indonesia di Tiongkok," katanya dalam "Synchronizing the Better Life: Ambassadors' Forum on International Consumption" yang digelar Jingdong di Beijing, Selasa (2/11).

JD.com merupakan platform belanja daring terbesar kedua di China setelah Taobao milik Alibaba Group. JD.id di Indonesia merupakan anak perusahaan dari JD.com yang bermarkas di Beijing.

Dalam paparannya bersama tiga dubes lain dari Chile, Denmark, dan Thailand, Djauhari mengatakan bahwa sebagai mitra dagang terbesar bagi Indonesia, kolaborasi dengan China melalui platform digital harus terus ditingkatkan khususnya dengan mempertimbangkan pesatnya kemajuan teknologi digital dan e-dagang.

Ia menyebutkan pada 2020, transaksi e-dagang Indonesia mencapai 44 miliar dolar AS atau meningkat 40 persen dibandingkan 2021.

Dubes memprediksi angka itu akan meningkat delapan kali lipat pada 2030 atau mencapai 323 miliar dolar AS.

"Kami mengapresiasi perkembangan platform JD.id yang beroperasi di Indonesia sejak 2015. Namun yang lebih penting lagi, JD.com harus terus mendukung masuknya produk-produk lain termasuk yang berasal dari perusahaan UMKM Indonesia di pasar Tiongkok," ucapnya.

Kementerian Perdagangan RI pada awal 2021 telah meluncurkan platform e-dagang bernama IDNStore yang menjadi ajang pemasaran produk-produk UMKM Indonesia.

"Dengan adanya IDNStore tersebut diharapkan dapat berdampak terhadap peningkatan ekspor Indonesia ke Tiongkok," katanya.

Hingga saat ini, terdapat 2.600 unit UMKM dengan lebih dari 21.000 jenis produk yang bergabung dalam IDNStore.

Oleh sebab itu pula, Dubes mengusulkan kerja sama antara JD.com dengan IDNStore.

"Bagaimana produk Indonesia yang telah dipromosikan tersebut dapat terus diminati oleh pasar Tiongkok setelah festival itu berakhir," ujarnya.

Menurut dia, kolaborasi antara JD.com dan IDNStore sangat penting dalam mendorong ekspor produk UMKM Indonesia ke pasar China yang dikenal sangat besar itu.

Pihak Jingdong mengapresiasi dukungan pemerintah Indonesia pada platform JD.id dan berminat memfasilitasi UMKM Indonesia mengekspor produknya ke China.

Festival Belanja 11-11 atau "Single Day" atau "Shuang Shi-Yi" digelar setiap tanggal 11 November.

Produk-produk Indonesia, khususnya makanan dan minuman, telah beberapa kali memanfaatkan gelaran belanja besar-besaran tersebut melalui berbagai platform daring di China.