Bupati OKU minta pegiat medsos bantu cegah penyebaran hoaks

id pencegahan hoaks,jambore FAMS,pegiat media sosial

Bupati OKU minta pegiat medsos bantu cegah penyebaran hoaks

Pelaksana Harian Bupati OKU, Edward Candra menerima anggota Forum Admin Media Sosial (FAMS) Sumatera Selatan di Baturaja, Kamis (28/10/2021). (ANTARA/Edo Purmana)

Baturaja (ANTARA) - Pelaksana Harian Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Edward Chandra meminta para pegiat media sosial membantu upaya pemerintah mencegah penyebaran hoaks.

Dalam audiensi dengan anggota Forum Admin Media Sosial (FAMS) Sumatera Selatan di Baturaja, Ogan Komering Ulu, Kamis, Edward mengingatkan para pegiat media sosial agar taat aturan dan mengedepankan etika dalam menggunakan media sosial.

"Segala bentuk berita bohong yang dapat menimbulkan keresahan di masyarakat agar tidak di-posting di akun media sosial seperti Facebook ataupun Instagram," katanya.

Menurut Bupati, FAMS bisa membantu mencegah penyebaran berita hoaks, ujaran kebencian, dan informasi yang dapat menimbulkan permusuhan di antara individu dan kelompok masyarakat.

Bupati mendukung penyelenggaraan jambore FAMS Sumatera Selatan dari 29 sampai 31 Oktober 2021 di Griya Agung Palembang dan berharap kegiatan tersebut dapat menjadi ajang untuk meningkatkan kecerdasan dalam bermedia sosial.

Menurut anggota FAMS M Syakirin Edo, jambore itu akan diikuti oleh 111 pegiat media sosial di Sumatera Selatan.

Ia menjelaskan pula bahwa pencegahan hoaks merupakan bagian dari kegiatan FAMS, yang dibentuk untuk menyediakan ruang bersilaturahmi, berdiskusi, dan berjejaring bagi pengelola akun media sosial.