Ratu Dewa: Pemkot Palembang siapkan program prioritas untuk tingkatkan IPM

id ipm, opd, apb selarah dengan program peningkatan ipm, indeks

Ratu Dewa: Pemkot Palembang siapkan program  prioritas untuk tingkatkan IPM

Sekretaris Daerah Palembang Ratu Dewa (ANTARA/Yudi Abdullah)

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan berupaya menyiapkan program prioritas untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dari 78,3 menjadi 79,45 persen pada 2022.

"Untuk mendukung peningkatan IPM tersebut saat ini sedang dirancang sejumlah program Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang prioritas dijalankan organisasi perangkat daerah (OPD) pada tahun depan," kata Sekretaris Daerah Kota Palembang Ratu Dewa di Palembang, Senin.

Ia mengatakan program prioritas itu yakni pembangunan infrastruktur, pariwisata, olahraga, zona integritas, investasi, pendidikan, kesehatan, dan ekonomi kreatif.

Penyusunan program prioritas tersebut diarahkan bisa mendukung upaya Pemerintah Kota Palembang meningkatkan IPM.

Indeks pembangunan manusia merupakan indikator untuk melihat perkembangan pembangunan dalam jangka panjang.

Program prioritas Pemkot Palembang pada 2022 harus selaras dengan OPD.

"Setiap OPD tidak bisa lari dari program prioritas tersebut, bagi yang penyusunan program kerjanya tidak sesuai maka tidak akan disetujui. Program yang disiapkan OPD harus linier atau sejalan dengan rencana pembangunan pusat, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) provinsi dengan kota, sehingga ini bisa dijawab ketika pertanggungjawaban lima tahunan nanti," ujar dia.