Capaian vaksinasi COVID-19 Kota Palembang tertinggi di Sumsel

id capaian vaksinasi, vaksiansi covid-19, realisasi vaksiansi covid-19 , galakkan vaksians

Capaian vaksinasi COVID-19 Kota Palembang tertinggi  di Sumsel

Pelayanan vaksinasi COVID-19 secara massal di Palembang, (ANTARA/Yudi Abdullah/21)

Palembang (ANTARA) - Dinas Kesehatan Sumatera Selatan mencatat capaian vaksinasi COVID-19 di Kota Palembang tertinggi dibandingkan dengan 17 kabupaten dan kota lainnya di provinsi itu.

"Hingga Oktober 2021 ini realisasi vaksinasi dosis pertama di Sumsel mencapai 34,18 persen (2,1 juta) dari target 6,3 juta jiwa, berdasarkan data tersebut capaian vaksinasi Kabupaten Empat Lawang terendah 15,46 persen dan tertinggi Kota Palembang 58,26 persen," kata Kepala Dinas Kesehatan Sumsel Lesty Nuraini di Palembang, Jumat.

Untuk mencapai target kekebalan komunal (herd immunity) hingga akhir 2021 ini pihaknya mendorong tim vaksinator seluruh fasilitas kesehatan di 17 kabupaten/kota untuk lebih gencar lagi melakukan pelayanan vaksinasi kepada masyarakat.

Menghadapi kondisi pandemi COVID-19 yang telah berlangsung sekitar dua tahun itu, protokol kesehatan (prokes) seperti selalu menggunakan masker, menjaga jarak, dan selalu mencuci tangan harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari secara ketat.

Selain itu, bagi masyarakat atau anak-anak usia 12 tahun ke atas hingga lansia yang belum vaksin dan memenuhi persyaratan diimbau untuk segera mendatangi Puskesmas terdekat atau tempat-tempat yang menggelar pelayanan vaksinasi COVID-19 secara massal, kata Kadinkes.

Sementara sebelumnya Kadinkes Palembang dr.Fenty Aprina menjelaskan bahwa berdasarkan data per 20 Oktober 2021 warga yang sudah divaksin COVID-19 dosis pertama 704.439 orang atau sekitar 56 persen dari target 1,2 juta jiwa sedangkan dosis kedua 474.301 jiwa atau sekitar 37 persen.

Kegiatan pelayanan vaksinasi tersebut akan digencarkan lagi sehingga bisa dicapai target 1,2 juta jiwa penduduk pada akhir tahun 2021 ini.

Untuk mencapai target vaksinasi tersebut, pihaknya berupaya memaksimalkan pelayanan di Puskesmas serta bekerja sama dengan TNI/Polri dan berbagai pihak melakukan kegiatan pelayanan vaksinasi massal, kata Fenty.