Polda Jabar periksa kondisi psikologis ratusan personel Polres Sukabumi Kota

id Pemeriksaan Psikologis,Polres Sukabumi Kota ,Polda Jabar ,Senjata Api Dinas

Polda Jabar periksa kondisi psikologis ratusan personel Polres Sukabumi Kota

Ratusan personel Polres Sukabumi Kota yang tengah menjalani pemeriksaan psikologis dari Polda Jabar diawasi petugas Seksi Propam Polres Sukabumi Kota pada Kamis, (21/10). Pemerisaan tersebut sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan izin menggunakan senjata api dinas. (Antara/Aditya Rohman)

Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Petugas kepolisian dari Polda Jawa Barat melakukan pemeriksaan kondisi psikologis ratusan personel Polres Sukabumi Kota di Auditorium Balai Besar Perikananan Budidaya Air Tawar, Kota Sukabumi, Kamis.

"Ratusan personel Polres Sukabumi Kota yang diperiksa psikologisnya ini merupakan personel pemegang senjata api dinas," kata Kepala Bagian Logistik Polres Sukabumi Kota Kompol Suminto di Sukabumi, Kamis.

Adapun jumlah personel yang menjalani pemeriksaan psikologis ini sebanyak 292 orang yang berasal dari berbagai satuan atau unit tugas, baik yang bertugas di tingkat polsek maupun polres.

Menurut Suminto, pemeriksaan psikologis ini merupakan salah satu syarata utama dan wajib diikuti oleh personel Polri khususnya pemegang senjata api dinas. Sehingga hasil dari pemeriksaan menjadi acuan apakah personel tersebut layak diberikan izin menggunakan senjata api dinas atau tidak.

Selain itu, fungsi dari pemeriksaan psikologis ini merupakan salah satu upaya pencegahan dalam mengantisipasi penyalahgunaan senjata api dinas, maka dari itu kondisi psikologis masing-masing personel harus lolos uji sesuai kriteria yang telah ditetapkan. Dalam kegiatan ini, pihaknya bekerjasama dengan Bagian Psikotes Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Polda Jabar.

Sementara, Kasubbag PsiPers Biro SDM Polda Jabar Kompol Festie Roos Mayanti mengatakan pemeriksaan psikolgis ratusan personel pemegang senjata api dinas tetap menerapkan protokol kesehatan ketat dan diawasi oleh petugas dari Seksi Propam Polres Sukabumi Kota.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2021