Dua pelajar berbuat asusila di Kabupaten Lahat diberhentikan

id Dua pelajar berbuat asusila di Lahat Sumatera Selatan diberhentikan,Dua orang pelajar SMA negeri di Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan, yang terbukti b

Dua pelajar berbuat asusila di Kabupaten Lahat diberhentikan

Kadis Pendidikan Sumsel Reza Fahlevi (ANTARA/Muhammad Riezko Bima Elko

Menjadi pelajaran bagi semuanya, khususnya orang tua agar memperketat pengawasan anak karena bila di luar jam sekolah guru sulit untuk memantau mereka
Sumatera Selatan (ANTARA) - Dua orang oknum pelajar SMA Negeri di Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan, yang terbukti berbuat asusila diberhentikan oleh penyelenggara sekolah meski tindakan mereka tersebut dilakukan di luar jam sekolah..

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan Reza Fahlevi di Palembang, Kamis, mengatakan, penyelenggara sekolah harus menindak tegas kedua oknum siswa yang melakukan perbuatan asusila tersebut.

“Meskipun di luar jam sekolah saya tekankan ini harus ditindak tegas, karena telah mencoreng institusi pendidikan,” katanya.

Dirinya sangat menyesalkan perbuatan tidak terpuji tersebut. sebab tidak semestinya siswa melakukan hal yang tidak semestinya dilakukan oleh pelajar. Apalagi kejadiannya tepat di saat pemerintah sedang berupaya melakukan segala cara untuk mengoptimalkan proses belajar dan mengajar secara tatap muka.

“Intinya peristiwa ini sangat memalukan dan disesalkan,”ujarnya.

Ia memastikan, penyelenggara sekolah telah melakukan pengawasan secara maksimal selama jam belajar yang ditetapkan.

Namun melihat dari kejadian tersebut  maka diharapkan peran serta dari pihak orang tua untuk memastikan sang anak tidak melakukan kegiatan lain di luar jam sekolah melainkan langsung kembali ke rumah-masing-masing.

“Menjadi pelajaran bagi semuanya, khususnya orang tua agar memperketat pengawasan anak karena bila di luar jam sekolah guru sulit untuk memantau mereka,” tandasnya.

Adapun dua orang pelajar yang melakukan perbuatan asusila tersebut berinisial Y (15) dan A (14) mereka tercatat sebagai seorang pelajar SMA Negeri di Kabupaten Lahat.

Mereka melakukan perbuatan asusila di toilet sebuah rumah kosong tak jauh dari sekolahnya di Kelurahan Gunung Gajah, Kabupaten Lahat, pada Jumat (18/10) sekitar pukul 11.30 WIB.

Perbuatan yang sudah berlangsung kesekian kalinya tersebut akhirnya ketahuan oleh teman mereka berinisial R (19).

Lalu R membuntuti mereka dan merekam perbuatan tersebut dari cela-cela pintu menggunakan gawai dan menyebarkan video rekaman itu kepada teman-teman lainnya melalui media sosial, pada Senin (18/10).

Setelah video menyebar luas, pada Selasa (19/10), Y dan A dipanggil penyelenggara sekolah lalu diberhentikan. Sementara itu R diamankan oleh Unit Pidana Khusus Satreskrim Polres Lahat.

Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2021