Sumsel perlu sembilan jembatan tingkatkan kegiatan sosial-ekonomi

id jembatan di sumsel,jembatan,sumsel perlu sembilan jembatan,info sumsel,berita sumsel,pembangunan jembatan di sumsel

Sumsel perlu sembilan  jembatan  tingkatkan kegiatan sosial-ekonomi

Jembatan Musi VI yang menghubungkan Kecamatan Seberang Ulu dan Ilir Barat 1 Kota Palembang Sumatera Selatan yang diresmikan oleh Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru pada Jumat (30/12/2020). (ANTARA/M Riezko Bima Elko P/21)

Sumatera Selatan (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menyebutkan daerah itu  memerlukan sembilan unit jembatan untuk meningkatkan kegiatan sosial dan ekonomi masyarakat.

Sembilan unit jembatan tersebut didesain untuk menjadi jalur perlintasan darat yang menghubungkan Kota Palembang bagian hulu ke hilir. Begitupun, dari Palembang ke beberapa daerah penyangga lainnya.

“Dengan terbukanya jalur penghubung antarkota dalam provinsi ini sosial ekonomi masyarakat dapat bergerak dan pembangunan daerah terisolir dapat terealisasi," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Tata Ruang (PUBM-TR) Sumatera Selatan Darma Budhy di Palembang, Rabu.

Menurutnya, dari sembilan jembatan tersebut yang sudah terealisasi ada empat unit yaitu Jembatan Musi IV dan Musi VI yang selesai pembangunannya di tahun 2020. Lalu dua lainnya Jembatan Ampera dan Musi II yang dibangun sejak puluhan tahun silam.

“Lima di antaranya lagi dalam proses yang sudah masuk dalam rencana jangka panjang sejak 15 tahun yang lalu,” kata dia.

Lima jembatan tersebut yaitu Musi III yang akan dibangun menghubungkan Kecamatan Ilir Timur I ke Pulau Kemaro, Musi V penghubung Tol Kayu Agung- Palembang-Betung (Kapal Betung), Musi VII menghubungkan bagian terluar Palembang dari Sungai Gerong ke Kabupaten Ogan Ilir dan Banyuasin.

Lalu Jembatan Musi VIII (berlokasi di antara Musi IV dan Musi III), dan Musi IX (berlokasi di antara Jembatan Ampera dan Musi VI).

“Namun karena modal pembangunannya sebagian besar bersumber dari pemerintah pusat maka saat ini kami (pemerintah provinsi) tengah menyiapkan kriteria dasar yang diminta pusat,” ujarnya.

Beberapa kriteria dasar tersebut, lanjutnya, pemerintah pusat meminta kesiapan alas lahan yang akan digunakan, kesiapan rencana induk dan detail engineering design.

“Mudah-mudahan bisa disiapkan itu sehingga pembangunan dapat terealisasi. Tetap dalam hal ini diharapkan dukungan semua pihak bukan hanya pemerintah saja tapi juga masyarakat,” tandasnya.

Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2021