Manfaat kembang kol untuk penyandang diabetes

id Kembang kol, diabetes,Glikemik rendah

Manfaat kembang kol untuk  penyandang diabetes

Ilustrasi kembang kol. (Pixabay)

Jakarta (ANTARA) - Kembang kol adalah sayuran yang memiliki manfaat besar bagi tubuh terutama untuk para penyandang diabetes dan oenderota masalah kolesterol.

Hal Ini karena kandungan seratnya yang tinggi, yang membantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah dan bermanfaat untuk mengontrol glukosa darah dengan baik.

Namun selain menjadi makanan ideal untuk menurunkan kadar glukosa darah, kembang kol merupakan makanan yang memiliki khasiat penting bagi kesehatan tubuh. Antara lain, ia memiliki kandungan kalori yang rendah dan cocok untuk diet penurunan berat badan.

Di sisi lain, kembang kol adalah sayuran dengan sifat diuretik dan depuratif, berkat jumlah air dan kalium dalam komposisinya. Selain itu sayuran ini juga memiliki kandungan natrium yang rendah.

Dilansir dari laman Tododisca, orang dengan diabetes cenderung mengumpulkan banyak kadar glukosa dalam darah, karena hormon insulin yang kurang berfungsi atau bahkan tidak berproduksi baik. Insulin merupakan zat yang bertanggung jawab untuk mengatur kadar glikemia.

Oleh karena itu penderita diabetes harus mengontrol pola makannya untuk menghindari asupan produk yang secara cepat meningkatkan kadar glukosa darah. Dengan demikian, kembang kol selain menjadi makanan dengan kekuatan antioksidan dan manfaat kesehatan yang besar lainnya, juga cocok untuk menurunkan kadar glukosa darah.

Ketika seseorang memiliki kadar glukosa darah yang terlalu tinggi, itu disebut hiperglikemia, yang dapat menyebabkan masalah kesehatan hingga kerusakan organ tubuh.

Dalam hal ini, hiperglikemia dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah, yang bertanggung jawab untuk mengangkut darah ke organ vital. Oleh karena itu, dapat menyebabkan masalah jantung, penyakit ginjal, stroke atau bahkan gangguan penglihatan.