Sumsel gerakkan seluruh warga jalankan program kemandirian pangan

id pemprov sumsel,sumsel,pangan,kemandirian pangan,pangan sumsel

Sumsel gerakkan seluruh warga jalankan program kemandirian pangan

Gubernur Sumsel Herman Deru (kanan) menerima bantuan CSR secara simbolis dari Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi di Palembang, Sabtu (16/10/2021). ANTARA/HO-Pemprov Sumsel

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mengerakkan warganya di seluruh kabupaten/kota untuk menjalankan program kemandirian pangan dengan dibantu kalangan perbankan.

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru di Palembang, Sabtu, mengatakan, gerakan Sumsel Mandiri Pangan ini mengajak warga memberdayakan lahan sempit hingga pekarangan rumah untuk ditanami beragam jenis tanaman yang bernilai ekonomis bagi keluarga.

"Seperti cabai dan lainnya bisa ditanam di dalam pot. Sehingga warga yang tidak punya lahan juga bisa bercocok tanam. Ini yang kami dorong, dan Bank Mandiri siap membantu dengan menyediakan perlengkapannya," kata Herman Deru saat menerima bantuan CSR dari Bank Mandiri untuk mendukung program tersebut.

Pemanfaatan pekarangan rumah sebagai sumber pangan keluarga ini merupakan salah satu strategi dalam menjaga ketahanan pangan, terutama di masa pandemi COVID-19, maupun dalam menghadapi musim kemarau.

Menurut dia, dalam kondisi masa pandemi COVID-19 ini, pertanian menjadi jawaban untuk mendongkrak perekonomian masyarakat yang terdampak pandemi.

Masyarakat dapat menanam berbagai jenis tanaman di pekarangan rumah seperti cabai merah, cabai rawit, pepaya, tomat, daun bawang, sayur kangkung, sawi, bayam, tomat dan lainnya.

"Saat ini Pemprov terus menyosialisasikan gerakan Sumsel Mandiri Pangan ke seluruh kabupaten/kota,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi mengatakan Bank Mandiri memiliki mandat dari pemerintah untuk mengalokasi KUR senilai Rp5 triliun pada tahun ini sebagai wujud nyata untuk mendukung pembangunan nasional.

“Stimulus berupa pinjaman rendah bunga (3 persen) ini diharapkan dapat menggerakan ekonomi nasional, khususnya di Sumsel,” katanya.

Pihaknya juga telah berkomitmen untuk melanjutkan kerja sama dalam berbagai bidang bersama Pemerintah Provinsi Sumsel, tak hanya penyaluran KUR.

“Misalnya di bidang olahraga, kami siap membantu bola basket,” katanya.