Insiden COVID-19 di Inggris sentuh level tertinggi sejak Januari

id Prevalensi COVID,Inggris,ONS

Insiden COVID-19 di Inggris sentuh level tertinggi sejak Januari

Kelompok demonstran berjalan menuju Trafalgar Square saat mereka berpartisipasi dalam protes antipenguncian dan antivaksin, di tengah penyebaran penyakit virus corona (COVID-19), di London, Inggris, Sabtu (29/5/2021). REUTERS/Henry Nicholls/FOC/sa

London (ANTARA) - Prevalensi infeksi COVID-19 di Inggris naik menjadi sekitar 1 dari 60 orang selama sepekan hingga 9 Oktober, demikian dilaporkan Kantor Statistik Nasional Inggris (ONS) pada Jumat.

Angka itu menyentuh level tertinggi sejak Januari.

ONS mengatakan prevalensi infeksi naik untuk pekan ketiga, berada di 1 dari 70 orang dari pekan lalu.

Kenaikan itu membuat prevalensi mencapai level yang lebih tinggi daripada yang tercatat pada Juli.

Pada bulan itu, infeksi melonjak sekitar akhir kejuaraan sepak bola Euro 2020, tak lama sebelum Perdana Menteri Boris Johnson membuka penuh perekonomian.

Estimasi prevalensi terakhir lebih tinggi pada pekan yang berakhir 23 Januari, setelah Inggris baru saja menerapkan penguncian nasional ketiga.

Namun, Johnson mengatakan bahwa pembagian vaksin yang luas menandakan bahwa kaitan antara kasus dan kematian membuncah.

Ia sebelumnya mengatakan pemerintah akan mengandalkan vaksin ketimbang penguncian dalam menentukan arah saat mengalami musim dingin yang berat.

ONS mengatakan kasus meningkat pada kalangan usia di atas 50-an, termasuk yang pertama menerima vaksin dan kini diberikan dosis penguat.

Prevalensi tertinggi terjadi lagi pada anak -anak sekolah menengah pertama. Di kalangan itu, diperkirakan 8,1 persen dari populasi terinfeksi, naik dari 6,93 persen yang dilaporkan pekan lalu.

Sumber: