Kota Palembang gencarkan vaksinasi di tingkat kecamatan

id vaksin,vaksin palembang,pemkot palembang,wakil wali kota palembang

Kota Palembang gencarkan vaksinasi di tingkat kecamatan

Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda memantau pelaksanaan vaksinasi di Kecamatan Gandus, Palembang, Kamis (14/10/21). (ANTARA/HO-Pemkot Palembang)

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan menggencarkan kegiatan vaksinasi di tingkat kecamatan untuk mencapai target 100 persen warga setempat divaksin pada akhir 2021.

Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda di Palembang, Kamis, mengatakan hal ini untuk menjawab antusias yang tinggi dari masyarakat untuk divaksin COVID-19.

Kegiatan vaksinasi terus digalakkan Dinas Kesehatan dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Pemerintah Kota Palembang bekerja sama dengan TNI/Polri.

“Kami melakukan kegiatan vaksinasi secara serentak di 18 kecamatan sejak beberapa pekan terakhir,” katanya saat memantau pelaksanaan vaksinasi di Kecamatan Gandus.

Vaksinasi massal ini sebagai salah upaya membantu mencapai kekebalan kelompok. Namun, capaian target 100 persen dari jumlah penduduk ini tergantung dengan ketersediaan stok vaksin.

"Karena itu, kami terus berupaya untuk mendapatkan stok vaksin kepada pemerintah pusat," ujar Fitrianti.

Pemkot Palembang menargetkan 70 persen dari total warga setempat hingga 18 Oktober 2021 sudah divaksin berdasarkan Inmendagri Nomor 48 Tahun 2021.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Palembang Mirza Susanti mengatakan dari sasaran 1.250.000 jiwa di Palembang diketahui yang sudah disuntik dosis pertama mencapai 50 persen, sedangkan dosis kedua 30 persen.

Untuk lansia saat ini capaian vaksinasi masih rendah, yakni dari target 180.000 baru tercapai 25 persen, sedangkan untuk remaja dari sasaran 192.000 baru tercapai 10 persen.

"Bagi siapa yang mau vaksinasi, silakan daftar dengan membawa KTP," kata Mirza.