Pemprov Sumsel bangun irigasi peternakan di Kabupaten OKU

id Irigasi perpompaan, kelompok tani, peternak sapi, Pemprov Sumsel, Pemkab OKU

Pemprov Sumsel bangun irigasi peternakan di Kabupaten OKU

Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten OKU, Tri Aprianingsih. (ANTARA/Edo Purmana/21)

Baturaja (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) membangun irigasi sistem pompa bagi peternak sapi di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) guna memenuhi ketersediaan air dalam pengembangan peternakan di wilayah itu.

"Bangunan irigasi dengan sistem perpompaan yang bersumber dari dana APBN tahun anggaran 2021 ini dibangun di Desa Batumarta II, Kecamatan Lubuk Raja, Kabupaten OKU," kata Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten OKU Tri Aprianingsih di Baturaja, Senin.

Dia menjelaskan, irigasi perpompaan dibangun untuk memenuhi ketersediaan air bagi peternak sapi agar lebih mudah mendapat pasokan air guna kebutuhan hewan peliharaan.
.
Irigasi perpompaan tersebut memanfaatkan potensi sumber air permukaan juga sebagai pasokan air irigasi bagi komoditas tanaman pangan, holtikultura, perkebunan dan budaya ternak.

Adapun tujuan pembangunan irigasi yaitu untuk meningkatkan produktivitas pertanian dan peternakan sehingga dapat mensejahterakan petani di wilayah itu.

"Kelompok tani dapat memanfaatkan bangunan irigasi perpompaan yang dibangun itu untuk kebutuhan minum, mandi dan membersihkan kandang sapi," ujarnya.

Selain itu, irigasi tersebut juga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat setempat untuk kebutuhan rumah tangga.

"Pemanfatan sumber air irigasi ini berasal dari sungai, mata air, danau dan sumber air lainnya disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi di lapangan," ujarnya.

Ia berharap dengan adanya irigasi perpompaan ini kelompok tani lebih mudah mendapat pasokan air sehingga produktivitas peternakan di wilayah itu semakin meningkat.