BMKG prakirakan hujan lebat landa beberapa daerah di Indonesia

id hujan,cuaca hari ini,mendung,bmkg

BMKG prakirakan hujan lebat landa beberapa daerah di Indonesia

Tangkapan layar - Prakiraan Intensitas curah hujan harian Indonesia. ANTARA/HO-BMKG/pri. (ANTARA/HO-BMKG)

Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berpotensi melanda beberapa daerah di Indonesia.

Berdasarkan data yang dihimpun dari laman resmi BMKG di Jakarta, Kamis, cuaca tersebut diprakirakan terjadi di Aceh, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, dan Sumatera Selatan.

Cuaca serupa juga berpotensi terjadi di Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Maluku, dan Papua Barat.

Sementara, wilayah yang berpotensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang adalah Sumatera Utara, Lampung, Jawa Barat, Kalimantan Barat, dan Papua.

Sedangkan Jawa Timur berpotensi mengalami angin kencang.

BMKG juga mengeluarkan peringatan gelombang tinggi 2,5-4 meter di Laut Natuna Utara, Perairan Utara Sabang, Perairan Barat Pulau Simeulue hingga Kepulauan Mentawai, Perairan Bengkulu, dan Perairan Enggano hingga Barat Lampung.

Peringatan serupa juga berlaku di Samudra Hindia Barat Sumatra, Selat Sunda bagian Barat dan Selatan, Perairan Selatan Banten hingga Pulau Sumba, Selat Bali - Lombok - Alas bagian Selatan, dan Samudra Hindia Selatan Banten hingga Nusa Tenggara Timur.

Masyarakat pesisir dan bidang pelayaran diharapkan mewaspadai potensi gelombang tinggi itu.