Opsi sirkuit Formula E di Senayan hingga Pulau Reklamasi

id Formula E,sirkuit formula e

Opsi sirkuit Formula E di Senayan hingga Pulau Reklamasi

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria memberikan keterangan pada awak media di Balai Kota Jakarta, Rabu (6/10/2021). ANTARA/Ricky Prayoga

Jakarta (ANTARA) - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan opsi sirkuit Formula E akan dilaksanakan di lima lokasi pilihan lainnya di antaranya di Senayan hingga Pulau Reklamasi.

"Macam-macam (opsi) di antaranya di Senayan, kemudian di Pantai Maju Bersama dan lain-lain, nanti dipilih yang terbaik," kata Riza di Balai Kota Jakarta, Rabu.

Sebelumnya, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Jakarta Propertindo menyiapkan lima lokasi (venue) alternatif selain Monas untuk Formula E pada 2022.

"'Venue' yang jelas bukan di Monas, itu saja 'clue'-nya," kata Direktur Pengembangan Bisnis JakPro Gunung Kartiko.

Gunung menjelaskan hal tersebut karena hingga kini lokasi Formula E di Monas terkendala perizinan dari pemerintah pusat.

Oleh karena itu, JakPro memutuskan mencari lokasi lainnya yang tetap menunjukkan ikon Kota Jakarta.

"Banyak, ada lima alternatif. Karena Monas kayaknya agak berat dari sisi perizinan. Jadi, kita cari lokasi ikon Jakarta yang memang menunjukkan Jakarta," ucapnya.

Namun demikian, Gunung enggan menyebutkan lima lokasi alternatif itu karena nantinya akan disurvei terlebih dahulu oleh Formula E Operation (FEO) sebelum ditetapkan sebagai lokasi sirkuit.

"Nantinya itu FEO akan datang untuk survei, 'mapping' semua. Baru akan ditentukan yang bagus, (misal) alternatif satu atau dua," ujarnya.