Wapres: Ekonomi syariah sejalan dengan pembangunan berkelanjutan

id Ma'ruf Amin,wapres indonesia,Ekonomi syariah,berita sumsel, berita palembang, antara palembang

Wapres: Ekonomi syariah sejalan dengan pembangunan  berkelanjutan

Wakil Presiden Ma'ruf Amin. (ANTARA/HO-Setwapres)

Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan prinsip ekonomi dan keuangan syariah sejalan dengan konsep pembangunan berkelanjutan atau sustainable development untuk mencapai keadilan bagi masyarakat.

Hal itu disampaikan Wapres saat menyampaikan sambutan di acara International Conference on Islamic Studies (ICIS) yang diselenggarakan Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh melalui konferensi video dari kediaman resmi Wapres di Jakarta, Senin.

"Prinsip ekonomi dan keuangan syariah sejalan dengan konsep pembangunan berkelanjutan, yang dapat memberikan kontribusi bagi dunia dalam rangka mencari solusi atas berbagai permasalahan yang dialami oleh negara-negara di dunia saat ini," kata Wapres.

Pembangunan berkelanjutan, lanjut Wapres, merupakan konsep yang ditawarkan sebagai solusi terhadap kerusakan lingkungan, sebagai dampak negatif dari berbagai aktivitas manusia termasuk kegiatan ekonomi.

"Konsep pembangunan keberlanjutan yaitu pembangunan yang dilaksanakan dengan menjaga keseimbangan antara kepentingan ekonomi, sosial dan kelestarian ekosistem pendukungnya," jelasnya.

Dengan mengembangkan konsep tersebut, maka kesejahteraan masyarakat dari satu generasi ke generasi berikutnya dapat terwujud sesuai dengan ajaran Islam, kata Wapres.

Prinsip keberlanjutan tersebut, menurut Wapres, menjadi dasar dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah sebagai upaya menciptakan kesejahteraan dan keadilan masyarakat berdasarkan asas syariah.

"Dengan melaksanakan perintah agama tersebut diharapkan dapat tercapai kesejahteraan, keadilan dan pembangunan yang merata, berkurangnya ketimpangan sosial dan ekonomi serta terjaganya daya dukung dan kelestarian lingkungan alam kita," katanya.

Oleh karena itu, Wapres berharap seluruh umat Islam dapat berperan mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah yang selaras dengan pembangunan berkelanjutan, khususnya di Indonesia.

"Dalam hal ini, umat Islam sebagai bagian dari ekosistem pembangunan ekonomi global dapat berperan dan berkontribusi dengan cara turut memperkuat pengembangan ekonomi dan keuangan syariah, serta mengamalkan secara konsisten tuntunan agama dalam bermuamalah," ujar Wapres.

Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2021