Kesadaran masyarakat Kota Palembang peringati Hari Batik tinggi

id Hari batik, peringati hari batik, kesadaran peringati hari batik tinggi, lestarikan batik,Lestarikan batik,masyarakat P

Kesadaran masyarakat Kota Palembang peringati Hari Batik tinggi

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersepeda dengan mengenakan batik menuju Balai Kota Jakarta bersama komunitas Bike to Work untuk merayakan Hari Batik Nasional, Sabtu (2/10/2021). ANTARA/Dokumentasi Pribadi

Palembang (ANTARA) - Kesadaran masyarakat Kota Palembang, Sumatera Selatan memperingati Hari Batik Nasional cukup tinggi, terbukti kelompok warga, pegawai atau karyawan instansi swasta mengenakan batik pada Hari Batik tahun ini, Sabtu (2/10).

"Hari ini, Sabtu tanggal 2 Oktober merupakan Hari Batik Nasional, tanpa ada paksaan atau arahan dari siapa pun sebagian besar kami bekerja menggunakan pakaian batik," kata salah seorang karyawan perlengkapan radio komunikasi PT Jevin Multi Sarana, Wansyah di Palembang.

Menurutnya, Hari Batik yang dicanangkan sejak 2011, pimpinannya membuat imbauan agar karyawan pada tanggal 2 Oktober masuk kantor atau yang bekerja di lapangan memakai pakaian batik.

Kebiasan yang telah dijalankan dalam 10 tahun terakhir menumbuhkan kesadaran sendiri kepada karyawan di perusahaan ini, untuk memperingati Hari Batik sebagai wujud kecintaan terhadap warisan budaya leluhur dan partisipasi melestarikannya, katanya.

Dia menjelaskan, kesadaran warga kota yang juga memiliki motif batik khas daerah yakni batik jupri untuk memperingati Hari Batik Nasional, perlu terus ditingkatkan sehingga ke depan peringatannya semakin semarak dan meriah seperti di sejumlah daerah lain.

Guna meningkatkan kesadaran warga kota ini memperingati Hari Batik Nasional, cara yang dilakukan dengan memakai busana batik saat bekerja dan melakukan berbagai kegiatan lainnya, bisa saja mendapatkan penilaian khusus dari pemerintah daerah.

"Bagi karyawan, pegawai, perusahaan atau instansi yang dinilai berpenampilan terbaik serta aktif melestarikan batik diberikan hadiah dan penghargaan baik secara kelembagaan maupun perorangan," ujarnya.

Selain karyawan perusahaan swasta itu, ibu-ibu rumah tangga juga memperingati Hari Batik Nasional dengan menggunakan pakaian batik dalam melakukan aktivitas di dalam dan luar rumah.



"Hari ini ada acara pesta pernikahan, saya sengaja berbusana dengan bahan batik terbaik motif jupri khas Palembang untuk menyemarakan dan mengingatkan kepada keluarga dan masyarakat umum untuk melestarikan batik," ujar Latifah.