Gempa bumi bermagnitudo 3,2 terjadi di Lombok Utara

id GEMPA BUMI,BMKG,LOMBOK UTARA

Gempa bumi bermagnitudo 3,2 terjadi di Lombok Utara

Ilustrasi: Peta kejadian gempa bumi (ANTARA/HO.BMKG)

Jakarta (ANTARA) - Gempa bumi berkekuatan magnitudo 3,2 menggoyang wilayah Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB), Kamis (30/9) malam.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui laman resminya yang dipantau Jumat dini hari menginformasikan gempa tersebut berada di 
8,39 Lintang Selatan - 116,01 Bujur Timur.

Menurut BMKG, pusat gempa yang terjadi pada pukul 21:56 WIB itu berada di laut sekitar 16 kilometer baratdaya Lombok Utara pada kedalaman 17 kilometer. 

Getaran gempa dirasakan sampai Lombok Barat dalam skala III Modified Mercalli Intensity (MMI).

Skala Mercalli merupakan salah satu satuan untuk mengukur kekuatan gempa bumi terutama jika tidak terdapat peralatan seismometer di tempat kejadian seperti dikutip dari laman BMKG.

Skala I berarti getaran tidak dirasakan kecuali dalam keadaan luar biasa oleh beberapa orang sedangkan getaran gempa dengan skala II MMI dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Skala III berarti getaran dirasakan nyata, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. Skala IV bermakna gempa dirasakan banyak orang di dalam rumah, di luar rumah serta ditandai antara lain jendela atau pintu berderik dan dan dinding berbunyi.

Pada skala V, getaran dirasakan hampir semua orang ditandai dengan barang terpelanting, tiang dan barang besar bergoyang.