Ogan Komering Ulu miliki 10 ton cadangan beras pangan

id Cadangan beras pangan, bantuan korban bencana, bencana alam dan non alam, disimpan di gudang Bulog, Dinas Ketahanan Pang

Ogan Komering Ulu miliki 10 ton cadangan beras pangan

Stock beras di Gudang. (Antara/Muhamad Hanapi)

Baturaja (ANTARA) - Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan memiliki 10 ton Cadangan Beras Pangan (CBP) untuk memenuhi kebutuhan masyarakat korban bencana alam dan non alam.

Kasi Distribusi Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Ogan Komering Ulu (OKU), Joni Harianto di Baturaja, Kamis mengatakan, cadangan beras pangan pemerintah ini dianggarkan melalui dana APBD Pemkab OKU pada 2020.

Dia menjelaskan, 10 ton CBP jenis medium ini dianggarkan pemerintah dengan Harga Pembelian Pemerintah (HPP) dari Bulog sebesar Rp10.543/kg beras.

"Saat ini beras cadangan masih tersimpan di gudang Bulog OKU," katanya.

Dikatakan Joni, cadangan beras pangan ini dialokasikan untuk memenuhi kebutuhan beras guna menjaga ketahanan pangan di Kabupaten OKU disaat terjadi bencana alam atau non alam.

Beras cadangan ini bisa dikeluarkan jika terjadi bencana alam dan non alam untuk disalurkan kepada masyarakat penerima bantuan.

"Dan tentunya setelah ditetapkan oleh SK Bupati," katanya.

Untuk tahun 2021 ini, lanjut dia, pihaknya kembali menganggarkan dana untuk pembelian cadangan beras pangan sebanyak 2 ton beras.

"Karena recofusing anggaran tahun ini hanya dianggarkan sebanyak 2.000 kg atau 2 ton beras dan saat ini masih dalam proses pengadaan," ujar Joni.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2021