Gubernur Sumsel lakukan peletakan batu pertama program bedah rumah

id Bedah rumah, rumah tidak layak huni, bantuan pemerintah, Gubernur Sumsel,Bupati OKU Timur

Gubernur Sumsel lakukan peletakan batu pertama  program bedah rumah

Gubernur Herman Deru melakukan peletakan batu pertama program bedah rumah warga di Kabupaten OKU Timur, Senin (20/9/2021) ANTARA/HO-Humas Pemkab OKU Timur

Martapura, Kalsel (ANTARA) - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru melakukan peletakan batu pertama program bedah rumah warga tidak layak huni di Desa Bantan, Kecamatan BP Peliung, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur.

Gubernur Sumsel, Herman Deru di Martapura Ibu Kota Kabupaten OKU Timur, Senin mengatakan program bedah rumah tidak layak huni (RTLH) ini sudah ada di masa kepemimpinannya saat menjadi Bupati setempat beberapa waktu lalu.

Menurut dia, program ini sangat membantu masyarakat kurang mampu agar dapat memiliki rumah yang layak ditempati bersama keluarga.

Untuk itu, ia mendorong agar di masa kepemimpinan Bupati Lanosin Hamzah dapat melanjutkan program tersebut sehingga masyarakat di OKU Timur khususnya yang memiliki rumah tidak layak huni dapat terbantu.

Sementara itu, Bupati OKU Timur, Lanosin Hamzah didampingi Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman, Danan Rachmat menambahkan, program bedah RTLH ini dilakukan untuk membantu masyarakat yang berpenghasilan ekonomi kelas menengah ke bawah sehingga dapat memiliki rumah yang nyaman dihuni warga.

Dia mengemukakan, di tahun 2021 pihaknya telah merenovasi sebanyak 708 rumah warga tidak layak huni yang tersebar di beberapa kecamatan di Kabupaten OKU Timur.

Renovasi tersebut mulai dari perbaikan lantai, dinding hingga atap rumah warga secara gratis sehingga nyaman ditempati.

"Alhamdulillah program bedah rumah di OKU Timur berjalan lancar dan sudah menyasar pada ratusan, bahkan ribuan warga," ujarnya.

Pemkab OKU Timur terus berupaya mempercepat penuntasan perbaikan rumah tidak layak huni agar bantuan pemerintah tersebut merata diterima masyarakat kurang mampu di wilayah itu.